Harimau Serang Warga Aceh Selatan Ditangkap, Dibawa ke BKSDA

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
ADVERTISEMENTS

TAPAK TUAN – Seekor harimau sumatera (panthera tigris sumatrae) yang diduga menyerang petani di Gunung Sampali, Gampong Koto, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan beberapa waktu lalu akhirnya berhasil ditangkap pada Sabtu (4/2/2023).

ADVETISEMENTS

“Harimau tersebut masuk kandang perangkap yang dipasang BKSDA sekitar pukul 04.00 WIB,” kata Kapolsek Kluet Tengah, Ipda Marwazi Lubis, Sabtu (4/2/2023).

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Ia menjelaskan, tim gabungan BKSDA Aceh, TNI, Polisi, TNGL, WCS, FKL dan masyarakat memasang perangkap di gunung Simpali Desa Koto Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan, sejak Rabu (1/2/2023).

ADVERTISEMENTS
ADVETISEMENTS

Ipda Marwazi menyebutkan, bahwa satwa dilindungi itu masuk perangkap yang sudah pasang oleh tim selama tiga hari.

ADVERTISEMENTS

Ia menyampaikan, harimau tersebut selanjutnya akan di evakuasi ke BKSDA di Banda Aceh untuk dilakukan pemeriksaan serta penanganan lebih lanjut.

ADVERTISEMENTS

“BKSDA Aceh akan melakukan evakuasi guna pemeriksaan serta penanganan lebih lanjut terhadap satwa yang dilindungi itu,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Sebelumnya diberitakan, tiga petani di Aceh Selatan dikabarkan mengalami luka parah setelah diterkam harimau di kawasan Gunung Sampali, Gampong Koto, Kecamatan Kluet, kabupaten setempat.

“Dua orang dalam kondisi kritis dan 1 orang dalam kondisi selamat,” kata Kapolres Aceh Selatan melalui Kapolsek Kluet Tengah, Ipda Marwazi Lubis dalam keterangannya, Rabu (1/2/2023).

Ia mengatakan, kedua korban dalam kondisi kritis itu ialah Amrizal (65) dan Habib (29), warga Gampong Ladang Teungoh Kecamatan Pasie Raja, kabupaten setempat.

“Kejadiannya terjadi sekira pukul 2.00 WIB di saat para petani menginap di kebun mereka,” katanya.[]

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version