USK Terima Dua Unit Ambulance Hibah dari Kementerian Dalam Negeri

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Universitas Syiah Kuala (USK) menerima dua unit ambulance dari Kementerian Dalam Negeri yang diserahkan secara simbolis oleh Dirjen Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri, Safrizal ZA, dan diterima Rektor USK Prof Marwan di Ballroom Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

ADVETISEMENTS

Kedua unit ambulance ini merupakan bagian program hibah dari Korea Selatan yang dijajaki oleh Dirjen Adwil Kemendagri untuk memperkuat kehadiran pemerintah dalam salah satu urusan wajib pelayanan dasar sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Baca Juga:

ADVERTISEMENTS
ADVETISEMENTS

Serah terima tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Rapat Koordinasi Nasional Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tahun 2023. Pada saat yang bersamaan sejumlah kabupaten/kota juga menerima hibah unit ambulance dan unit pemadam kebakaran.Dirjen Adwil dalam sambutannya mengatakan, perguruan tinggi memiliki peranan penting dalam mitigasi bencana. Seperti USK yang selama ini telah banyak berperan terhadap upaya-upaya mitigasi bencana khususnya di Aceh.

ADVERTISEMENTS

Bahkan saat ini, USK telah memiliki Rumah Sakit Pendidikan, Pusat Riset Tsunami dan Mitigasi Bencana serta Prodi S2 Ilmu Kebencanaan. Makanya dirinya berharap, kehadiran ambulance ini dapat mendukung upaya USK terkait mitigasi bencana maupun memberikan pelayanan kesehatan dan keselamatan di masyarakat.

ADVERTISEMENTS

“Kita juga berharap agar ke depan dapat dibentuk relawan-relawan bencana khususnya relawan pemadam kebakaran dan penyelamatan dari mahasiswa perguruan tinggi,” ucapnya.

Baca Juga:

Selanjutnya, Rektor menyampaikan terima kasih dan rasa syukur atas hibah yang diterima USK tersebut. Dua unit ambulance ini diharapkan bisa memberi manfaat yang luas bagi RSPN USK, baik untuk kegiatan layanan pasien maupun pelatihan kebencanaan di lingkungan kampus tersebut.“Alhamdulillah, kami sangat berterima kasih. Ambulance ini tentu akan kita manfaatkan sebaik mungkin untuk mendukung pelayanan kesehatan dan mitigasi bencana di masyarakat,” ungkapnya.

Direktur Rumah Sakit Pendidikan USK, Iflan yang turut hadir, mengatakan ambulance ini dilengkapi dengan peralatan emergency yang sangat membantu dalam life-saving pasien.

Dimana peralatan tersebut sangat dibutuhkan dan mampu mendukung  pekerjaan tim medis ambulance RSP USK menjadi lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya.

Dalam acara tersebut Rektor USK juga didampingi oleh Dekan FK USK Prof Maimun Syukri, dan Koordinator BMN USK Irfansyah.[]

x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version