Abu Ubaida Siapkan Rencana Menggagalkan Tujuan Israel, Memburu Anggota IDF Seperti Berburu Bebek

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Juru bicara Brigade Al Qassam, Abu Ubaida menyiapkan rencana perangkap untuk menggagalkan tujuan Penjajah Israel. FOTO/Brigade Al Qassam. Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

BANDA ACEH – Juru bicara Brigade Al Qassam, Abu Ubaida menyiapkan rencana perangkap untuk menggagalkan tujuan Penjajah Israel.

ADVERTISEMENTS

Abu Ubaida menggambarkan rencana perangkap tersebut seperti menangkap bebek saat dia menyebutkan rencana penyergapan militer untuk menggagalkan tujuan Israel.

ADVERTISEMENTS

Dalam rangka perang psikologis, Abu Ubaida juru bicara resmi Brigade Al-Qassam menggambarkannya dengan istilah berburu bebek.

Abu Ubaida mengatakan apa yang diumumkan oleh tentara Zionis Israel mengenai jumlah korban tentara mereka adalah tidak benar, dan ketika momen konfrontasi tiba, melihat mereka berteriak-teriak seperti anak-anak, sementara para pejuang memburu mereka seperti sedang berburu bebek.

Ini merujuk pada kematian sejumlah besar tentara Zionis Israel, tapi istilah tersebut tampaknya sangat menunjukkan kelelahan besar yang dialami Israel secara militer, ekonomi, dan Politik.

ADVERTISEMENTS

Karena mereka tidak mampu mencapai tujuan di lapangan untuk menanggapi kekalahan strategis yang dideritanya sejak hari pertama “Badai Al-Aqsa””.

ADVERTISEMENTS

Setelah sekitar dua setengah bulan, Israel masih terpuruk secara politik dan di Jalur Gaza antara selatan dan utara, dan menderita kerugian besar, dan sebagai imbalannya, konsekuensi dari kekalahan strategis mereka pun semakin besar.

Mengenai Kota Gaza dan penduduknya, di mana lebih dari 19.000 warga sipil menjadi martir akibat kebrutalan yang belum pernah terjadi sebelumnya, namun perang menurut konsep militer tidak diselesaikan hanya dengan pembunuhan dan penghancuran.

ADVERTISEMENTS

The Wall Street Journal menunjukkan: Laporan ini mencatat bahwa “kekalahan Israel baru-baru ini di medan perang di Gaza menunjukkan bahwa tujuan komprehensif tentara Israel masih sulit dicapai”.

ADVERTISEMENTS

Surat kabar tersebut melihat bahwa peningkatan jumlah kematian tentara Israel di wilayah perkotaan dan daratan di Jalur Gaza, bahkan di bagian utara Jalur Gaza, menunjukkan adanya pergeseran dalam taktik perang militer,”

Dan mengutip mantan pejabat Mossad Shalom Ben Hanan sebagai mengatakan, “Di kalangan militer dan keamanan, beberapa pihak mulai mempertanyakan strategi ini.”

Sementara itu, surat kabar Yedioth Ahronoth mengindikasikan: Dalam laporannya, tentara Israel mencatat bahwa pertempuran tidak berakhir di Gaza utara, dan bahwa kota Rafah, Deir al-Balah, al-Tuffah, al-Nuseirat, dan al- Bureij belum dapat dijangkau oleh tentara Israel.

“Dan semua ini membuat tentara menyimpulkan bahwa akhir perang masih beberapa bulan lagi, dan bahwa setiap pengumuman akan segera terjadinya kemenangan yang menentukan melawan Hamas dan tentu saja kehancurannya adalah sebuah deklarasi yang terpisah dari kenyataan dan ilusi langit-langit yang tinggi dan tujuan strategis yang gagal.

Ini merupakan “respon strategis” Respons Israel terhadap peristiwa 7 Oktober lalu didorong oleh pemulihan banyak mitos yang telah diruntuhkan dan menjadi landasan bagi Israel untuk membangun superioritasnya dalam hal kekuatan tentara, persenjataan, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Oleh karena itu, tujuan politik dan militer Israel langsung dan tidak langsung adalah sebagai berikut:

Menghancurkan perlawanan, menghancurkan gerakan Hamas, dan membunuh atau menangkap para pemimpinnya.

Membebaskan tahanan dengan kekuatan militer atau di bawah kondisi Israel.

Berhenti menargetkan Jalur Gaza dan kota-kota Israel dengan rudal dan drone.

Menghancurkan terowongan dan senjata perlawanan serta menjadikan Gaza bebas senjata.

Menempati kembali Gaza secara keseluruhan atau sebagian.

Memutuskan masa depan Gaza dengan cara yang konsisten dengan keamanan Israel.

Mengakhiri gagasan perlawanan di Gaza dan membongkar strukturnya.

Ungkapan Menangkap Bebek

Di sisi lain, perlawanan yang dipimpin gerakan Hamas di Gaza sadar, berkat pencapaian gemilang 7 Oktober lalu dan tertangkapnya 240 tentara, perwira dan pemukim telah menekan Israel untuk melakukan gencatan senjata, mencabut pengepungan, dan membebaskan semua tahanan warga Palestina dari penjara pendudukan.

Mereka juga menyadari bahwa masuknya Israel ke Jalur Gaza akan menjadi dilema besar bagi tentara Israel, yang akan memperkuat kekalahan strategi yang dideritanya.

Jadi, ungkapan “menangkap bebek”, yang dikatakan Abu Ubaida, adalah ringkasan dari strategi umum perlawanan, yang didasarkan pada ketabahan di lapangan, melelahkan tentara Israel, menimbulkan kerugian besar dalam peralatan dan personel, mengekspos praktik brutalnya mereka, dan menekan masyarakat Israel secara psikologis dan politik dengan tahanan dan orang mati.

Sebagai imbalannya, mereka terbuka terhadap gencatan senjata atau gencatan senjata apa pun dan pembebasan tahanan dan tahanan dalam kondisi yang sesuai.

Para pejuang Palestina juga menyadari bahwa Israel tidak siap menghadapi perang yang berkepanjangan, kerugian besar, dan mobilisasi umum yang terus-menerus.

Israel menurut pejuang Hamas tidak siap menghadapi perang jalanan dan konfrontasi langsung, karena teori keamanannya terutama didasarkan pada perang kilat dan perang pendahuluan, dan metode-metode brutal yang mereka terapkan menjadi lebih ditolak dan dikutuk oleh komunitas internasional.

John Alterman, direktur Program Timur Tengah di Pusat Kebijakan Internasional dan Strategis di Washington, mengatakan dalam sebuah artikel di majalah “The Nation”:

“Hamas berusaha menggunakan kekuatan Israel yang jauh lebih besar untuk mengalahkan Israel sendiri. Kekuatan Israel memungkinkan tentara Israel membunuh warga sipil Palestina, menghancurkan infrastruktur Palestina, dan menentang seruan global untuk menahan diri, yang semuanya mendukung tujuan jangka panjang pejuang Hamas.” tulis John Alterman

Perlawanan sejauh ini telah berhasil menghancurkan 22 kendaraan militer dan membunuh sejumlah tentara Israel, dengan peluru Al-Yassin kaliber 105

Israel kehilangan ratusan kendaraan selama serangannya ke Gaza.

Kenyataan di Lapangan: Kelelahan tanpa hasil

Berdasarkan data yang dipublikasikan tentara Israel di situsnya hingga Kamis, 15 Desember, jumlah tentara yang tewas mencapai 445 orang, termasuk 119 perwira dari berbagai pangkat (termasuk 5 orang berpangkat kolonel, 8 orang berpangkat letnan kolonel, dan 8 orang berpangkat letnan kolonel. 43 dengan pangkat mayor), dan 60 orang yang tewas berasal dari divisi elit.

Para pejuang menegaskan, melalui juru bicara resmi Brigade Al-Qassam, bahwa jumlah kematian jauh lebih tinggi daripada apa yang diumumkan oleh tentara pendudukan Israel, dan klip-klip yang diterbitkan tentang perang tersebut dan apa yang diterbitkan oleh media Israel menunjukkan hal ini.

Jumlah Tentara IDF yang Luka Mencapai 4.591 orang

Serta kematian dan luka yang diamati di rumah sakit, seperti yang dilaporkan surat kabar “Haaretz”: Jumlah korban luka di rumah sakit Israel pada 12 Desember mencapai 4.591 orang luka.

Pakar militer percaya bahwa kerugian sebenarnya yang dialami tentara Israel bisa mencapai sepuluh kali lipat dari jumlah yang diumumkan secara resmi.

Hal itu berdasarkan pengamatan lapangan terhadap tahapan perang dan kejadian sehari-hari.

Diperkirakan juga tentara Israel telah kehilangan ratusan kendaraan dari berbagai jenis, termasuk lebih dari 90 tank Merkava, yang merupakan kebanggaan industri militer Israel, mewakili sekitar 20 persen persenjataan tank Israel.

Tel Aviv sebenarnya telah berhenti menjualnya ke beberapa negara, termasuk Siprus, menurut situs “Avia Pro”.

Operasi lapangan menunjukkan bahwa jalan-jalan di Gaza, bangunan-bangunan dan puing-puingnya telah berubah menjadi labirin yang rumit dan perangkap mematikan bagi tentara Israel.

Sementara para pejuang menerapkan taktik tempur yang mengancam tentara Zionis Israel, dan menggunakan persediaan senjata mereka. pengetahuannya di lapangan dan jaringan terowongan yang rumit yang menguras tenaga Israel setiap hari, pada saat ketegangan dan kebingungan Israel meningkat.

Jumlah orang yang terbunuh akibat salah tembak ke teman sendiri atau istilah Militernya disebuat Friendly Fire meningkat, termasuk Friendly Fire kepada para tahanan.

Di sisi lain, gerakan perlawanan dan Hamas masih mempertahankan struktur militer dan organisasi mereka secara lengkap dan kemampuan mereka untuk mengendalikan, menghubungkan, dan mengendalikan, memberikan kejutan, dan melakukan pertempuran dengan kecepatan dan diversifikasi operasi tempur yang sama, dan gerakan ini tetap mempertahankan kekuatan mereka.

kekuatan misilnya, dan terus membom kedalaman wilayah Israel bahkan dari dalam wilayah yang telah dinyatakan kendalinya di tangan Israel, tapi nyatanya misilnya masih bisa menembak ke wilayah Israel.

Para pejuang juga terus menahan tahanan dan tawanan Israel, terutama para tentara dan perwira, sebagai kartu dasar tekanan militer, politik dan psikologis terhadap pemerintah Israel dan masyarakat Israel.

Pada akhirnya, kekecewaan terhadap respon strategis tersebut muncul.

Tentara Israel tidak mencapai tujuan militer atau politik yang menentukan.

Serangan pasukan pendudukan ke Gaza diperkirakan terjadi karena ketidakseimbangan kekuatan, dan pemboman brutal terhadap fasilitas-fasilitas tersebut diperkirakan terjadi karena penghindaran mereka terhadap semua hukum kemanusiaan internasional.

Hal ini tidak menghasilkan apa-apa selain kehancuran brutal, melakukan kejahatan, dan membunuh ribuan warga sipil, sebagian besar dari mereka adalah anak-anak dan perempuan, dan pencarian solusi untuk menghentikan pendarahan kini semakin dekat dengan banyak pertimbangan, termasuk:

Kerugian militer besar-besaran yang belum terhitung jumlahnya, dan jatuhnya teori ketegasan di lapangan.

Hilangnya prestise militer dan kinerja tempur yang ternyata biasa-biasa saja di lapangan.

Akumulasi kerugian ekonomi mencapai lebih dari $51 miliar.

Keretakan yang mendalam dalam masyarakat Israel, dan meningkatnya perpindahan, migrasi, dan pelarian.

Krisis politik internal semakin mendalam dan mengancam ketegangan internal yang parah.

Semakin terkikisnya kepercayaan Israel terhadap tentara dan badan keamanan.

Opini publik global berbalik menentang narasi Israel.

Mengubah posisi internasional mengenai perang di Jalur Gaza, dan menuntut penghentiannya.

Rencana pengungsian gagal, dan komunitas internasional menolak berbagai skenario serupa yang dilakukan Israel.

Takut akan perang di berbagai bidang dan arena yang berbeda.

Kegagalan untuk mematahkan kemauan perlawanan, dan menjamin kemampuannya bertahan serta kesiapannya berperang dalam waktu lama dengan menggunakan metode serangan, serangan mendadak, jebakan, pengeboman, dan sniping.

Mirip dengan majalah “The Nation”. Dalam laporannya mengenai perang di Jalur Gaza dan dampak terkini mengenai apa yang terjadi dengan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam, ia mengingat kembali pernyataan mendiang Menteri Luar Negeri AS Henry Kissinger pada tahun 1969:

“Tentara konvensional akan kalah jika tidak menang. Gerilyawan menang jika mereka tidak kalah”.

Para analis percaya bahwa tentara pendudukan Israel yang melanjutkan perang dengan tingkat kerugian saat ini, dan kesediaan perlawanan untuk berperang selama berbulan-bulan, tidak akan memungkinkan Israel mencapai tujuan strategisnya, dan menerima penghentian perang akan menyebabkan dampak buruk terhadap Israel, baik secara politik maupun militer dan dari segi keamanan.

Penulis Yossi Melman mengemukakan, dalam sebuah artikel di surat kabar Haaretz: Pemerintah Israel menunjukkan bahwa perang di Jalur Gaza berubah menjadi perang gesekan yang berkepanjangan, dengan mengatakan:

“Bahaya tenggelam dalam lumpur musim dingin di Gaza, baik secara harfiah maupun kiasan, menjadi lebih jelas ketika tidak jelas apa tujuan perang yang sebenarnya dan realistis, dan apakah tujuan tersebut benar-benar dapat dicapai.” tulis Penulis Yossi Melman.

Dalam perang-perang sebelumnya, Israel menetapkan batas tertinggi dalam kampanye militernya, namun mundur dari batasan tersebut karena banyaknya kerugian militer dan ketidakmungkinan mencapai tujuan tersebut.

Dalam perang bulan Juli 2006 dengan Hizbullah, mereka menetapkan tujuan untuk menghancurkan organisasi tersebut dan melucuti senjatanya, membebaskan dua tentara yang ditangkap, dan membangun sistem keamanan baru di wilayah tersebut.

Mereka melancarkan kampanye penghancuran besar-besaran di Lebanon selatan, sementara tuntutan Hizbullah adalah gencatan senjata dan pembebasan. Bebaskan semua tahanan Lebanon dari penjara Israel.

Setelah 34 hari menderita kerugian besar, Israel terpaksa menghentikan pertempuran dan memulai negosiasi tidak langsung yang berujung pada pembebasan seluruh tahanan Lebanon di penjaranya, namun tidak mencapai tujuan lainnya.

Dalam perang berikutnya di Gaza (2008 dan 2014), mereka juga gagal mencapai tujuannya, dan terpaksa menghentikan perangnya atau mundur tanpa hasil yang signifikan.

Perkiraan dan fakta lapangan menunjukkan bahwa sudah menjadi jelas bagi Benjamin Netanyahu dan pemerintahannya bahwa melanjutkan perang dalam jangka waktu yang lebih lama tidak akan menghasilkan kondisi militer dan politik yang lebih baik untuk mencapai tujuan apa pun.

Sebaliknya, hal ini akan memperburuk kebuntuan strategis, dan oleh karena itu pembebasan pasukan Israel sisa tahanan yang ditahan oleh Hamas dan perlawanan di Gaza yang mewakili blok paling penting hanya akan terjadi melalui negosiasi, yang memerlukan konsesi yang menyakitkan.

Menerima ketentuan penolakan terhadap pertukaran, dan tujuannya adalah memperbaiki kondisi ini sedemikian rupa sehingga mengurangi dampak kekalahan strategis.

Dalam konteks ini, analis urusan militer di surat kabar “Haaretz” Amos Harel (pada tanggal 14 Desember) mengatakan bahwa tujuan Israel dalam perangnya di Jalur Gaza membingungkan, dengan mengatakan bahwa “keinginan tentara Israel untuk menimbulkan lebih banyak kerugian pada gerakan pejuang Hamas bertentangan dengan upaya untuk mencapai kesepakatan untuk membebaskan tahanan.”

Kerugian besar di lapangan disertai dengan kebingungan mengenai tujuan, kebingungan tentang cara untuk keluar dari kebuntuan, tekanan internal dan eksternal untuk menghentikan perang, gambaran yang ternoda oleh pembantaian setiap hari, dan desakan dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Untuk mencapai tingkat pencapaian minimal karena takut akan nasib pendahulunya Ehud Olmert setelah perang tahun 2006.

Netanyahu menyadari bahwa menghentikan perang juga akan berdampak buruk pada masa depan politiknya, dan mungkin membawanya ke pengadilan dan penjara, seperti yang dituntut oleh lawan-lawan politiknya.

Hal ini juga akan berdampak serius pada struktur masyarakat Israel, secara militer, politik, dan keamanan.

Namun, memanfaatkan kesempatan untuk keluar dari kebuntuan dan menerima inisiatif untuk gencatan senjata jangka panjang atau permanen mengingat gerakan internasional yang sedang berlangsung, akan mewakili jalan yang paling murah.[]

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version