Presiden Yoon: Rudal Korut Coba Ganggu Pemilu Korsel

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Presiden Yoon Suk-yeol.

ADVERTISEMENTS

 SEOUL — Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol, pada Selasa (2/4/2024) mengatakan Korea Utara berupaya mengguncang masyarakat Korea Selatan menjelang pemilihan umum dengan menembakkan rudal balistik jarak menengah ke Laut Timur. Rudal tersebut meluncur dengan jarak sekitar 600 kilometer sebelum mendarat di Laut Timur.

ADVERTISEMENTS

”Rezim Korea Utara berusaha mengguncang masyarakat kita menjelang pemilihan umum, sambil terus melanjutkan penembakan rudal dan provokasi militer lainnya,” kata Yoon.

ADVERTISEMENTS

Yoon menyampaikan pernyataan tersebut dalam rapat Kabinet Pemerintah Korsel yang diadakan di pusat kota Sejong. Pernyataannya dikeluarkan beberapa jam setelah Korea Utara menembakkan rudal balistik ketiganya tahun ini.

ADVERTISEMENTS

Menurut Yoon, provokasi-provokasi tersebut hanya akan menyatukan dan memperkuat pikiran rakyat Korsel. Yoon juga menyerukan kesiapan yang kuat untuk menghadapi provokasi lainnya.

ADVERTISEMENTS

Yoon juga berjanji akan mengucurkan dana darurat tanpa batas untuk jangka waktu yang tidak ditentukan guna menstabilkan kenaikan harga produk pertanian dan peternakan. Menurut data pemerintah Korsel, inflasi negara tersebut tetap di atas tiga persen untuk bulan kedua berturut-turut pada Maret.

ADVERTISEMENTS

Terutama pada harga produk pertanian, peternakan, dan perikanan naik 11,7 persen dibandingkan pada Maret tahun lalu. Hal tersebut merupakan kenaikan tertinggi sejak April 2021, ketika harga-harga naik hingga 13,2 persen.

ADVERTISEMENTS

sumber : Antara/Yonhap-OANA

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version