Puskesmas Tanah Abang Layani 600 Pasien Setelah Libur Lebaran

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

ADVERTISEMENTS

Puskesmas Kecamatan Tanah Abang di Jakarta Pusat.

ADVETISEMENTS

 JAKARTA — Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat melayani sedikitnya 600 pasien untuk melakukan cek kesehatan pada hari pertama kerja setelah libur Lebaran, Selasa (16/4/2024).

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Abang Ovi Norfiana mengatakan, warga sudah mengantre untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sejak jam buka puskesmas, yakni pukul 07.30 WIB. Sebelumnya saat Ramadhan, pelayanan baru dibuka pukul 08.00 WIB.

ADVERTISEMENTS
ADVETISEMENTS

“Untuk pelayanan sendiri, semua poliklinik sudah kembali dibuka. Di puskesmas ini tersedia 27 layanan, sedangkan saat cuti bersama Lebaran yang dibuka hanya layanan kesehatan 24 jam,” kata Ovi. 

ADVERTISEMENTS

Ovi memaparkan, pada hari pertama setelah libur Lebaran, sekitar 600 pasien melakukan aktivitas cek kesehatan, termasuk pada layanan 24 jam. Pengunjung terbanyak di poliklinik lanjut usia (lansia).

ADVERTISEMENTS

 

Menurut Ovi, tingginya jumlah kunjungan lansia dipengaruhi karena Puskesmas Tanah Abang dinilai ramah terhadap kelompok rentan, termasuk lansia, disabilitas, anak-anak, ibu hamil, hingga korban bencana.

“Kami telah menyediakan sarana dan prasarana untuk golongan tersebut dan sudah mendapatkan penghargaan dari Kemenpan-RB pada tahun lalu karena ramah terhadap golongan rentan itu,” kata Ovi.

Puskesmas juga menyediakan layanan pendaftaran daring di aplikasi JakSehat jika ada warga yang tidak ingin antre di bagian pendaftaran.

Dengan jumlah SDM sebanyak 36 dokter dan 30 perawat, Puskesmas Kecamatan Tanah Abang optimistis dapat memberikan pelayanan yang optimal untuk warga Tanah Abang.

Salah satu pasien asal Bendungan Hilir, Dius Firdiyani (58), mengaku sangat terbantu dengan pelayanan yang disediakan oleh Puskesmas Kecamatan Tanah Abang. Ia menceritakan bahwa sejak 2021 sudah rutin memeriksakan kesehatan di fasilitas kesehatan milik pemerintah tersebut.

“Saya biasa melakukan pengecekan gula darah, tadi saya ambil obat karena obat yang biasa dikonsumsi sudah habis. Pelayanan memuaskan, kalau bisa ruangannya diperluas,” katanya.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version