Romantika Memasuki Quarter Life Crisis di Lagu “Friends”

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

ADVERTISEMENTS

Musisi Arash Buana merilis lagu Friends tentang krisis seperempat baya.

ADVETISEMENTS

JAKARTA — Krisis seperempat baya atau quarter life crisis merupakan salah satu fase yang lumrah terjadi dalam kehidupan manusia. Fase sekitar usia 18-30 tahun itu membuat sebagian orang merasa khawatir, bingung, atau merasa tidak memiliki arah.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Hal serupa juga dialami oleh penyanyi dan penulis lagu Arash Buana. Dia sempat merasa kesepian, panik, dan mempertanyakan diri sendiri hingga tersadar untuk bisa melakukan perubahan. Lantas, perasaan itu dia tuangkan dalam lagu terbarunya.

ADVERTISEMENTS
ADVETISEMENTS

Arash menghadirkan lagu berjudul “Friends”, tentang romantika krisis seperempat baya. Istilah “friends” bisa diartikan sebagai hubungan pertemanan, persahabatan, pacaran atau lainnya, yang amat dia rindukan keberadaannya untuk mengenyahkan rasa kesepian.

ADVERTISEMENTS

Gue enggak mau merasa sendirian lagi. Itu inti utama dari lagu ini. Gue enggak tahu akan relate ke orang-orang apa enggak. Tapi yang gue tahu adalah gue cukup mencurahkan “Arash Buana” seluruhnya di sini,” kata Arash lewat pernyataan resminya.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS

Dalam penggarapan materi bernuansa folk-pop ini, Arash memercayai musisi Petra Sihombing untuk menjadi produser lagu. Proses penggarapannya sudah dilakukan sejak 2022 saat Petra belum pindah ke Bali. Dulu, lagu ini sempat diberi judul “Trauma”.

Namun, akhirnya judulnya menjadi “Friends”, dan hanya melewati dua kali sesi workshop. Tidak banyak rekaman yang berubah dari demo pertama, termasuk gitar yang harusnya direkam ulang karena click-nya bocor, akhirnya memakai rekaman asli. 

Intro lagu “Friends” yang terdengar khas terinspirasi dari lagu-lagu John Mayer, yang sering didengarkan oleh Arash. Dia memutuskan memberikan semacam “identitas lagu”, termasuk di lagu sebelum ini, “I Really Do Love Her <3". Lagu "Friends" juga akan menjadi rilisan karya Arash yang mengantarkan ke album barunya. Untuk desain sampul lagu "Friends" disebut menggunakan metode freehand art atau doodle yang digarap oleh Yusuf Zulkibri. Arash mengaitkan gambar-gambar yang ada sebagai sinyal album mendatang yang dianggap cukup personal alias banyak kisah itu terkait tentang dirinya.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version