Minggu, 19/05/2024 - 06:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

QRIS Segera Hadir di Arab Saudi

Saat ini QRIS sudah diujicobakan di Malaysia dan Thailand.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Quick Response Indonesia Standard (QRIS) terus melakukan ekspansi hingga keluar negeri. Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP) BI, Filianingsih Hendarta menyampaikan QRIS kini sudah diujicobakan di Malaysia dan Thailand.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan


“QRIS cross border sudah dimulai dengan Thailand dan Malaysia, dan ada beberapa negara yang saat ini sedang diskusi intens salah satunya Saudi Arabia, jadi nanti umrah dan haji itu tidak perlu bawa uang tunai,” katanya dalam Taklimat Media BI, Senin (4/4/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS


QRIS Cross Border adalah salah satu dari pengembangan fitur QRIS untuk fasilitasi pembayaran antar-negara sehingga masyarakat tidak perlu lagi ke money changer. Ini dilakukan baik inbound maupun outbound dengan skema Local Currency Settlement (LCS).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kunjungan WNI ke Singapura Meningkat, Salah Satunya Demi Menonton Konser Musik


Selain QRIS Cross Border, BI juga kembangkan QRIS consumer presented mode. Artinya, tidak hanya konsumen yang bisa scan kode barcode merchant, tapi juga merchant bisa scan kode barcode konsumen.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Selain itu, ada juga fitur TTS atau transfer, tarik, setor. Dengan fitur ini, QRIS tidak hanya digunakan untuk membayar transaksi tapi juga untuk transfer, tarik, dan setor uang. Ini akan membantu user untuk top up saldo dan pengisian tabungan atau sumber dana.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


“Kita juga kembangkan sumber dananya tidak hanya dari tabungan atau dompet digital, tapi juga kartu kredit dan kredit PayLater,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Fili mengatakan, penyesuaian limit QRIS juga telah dilakukan dari semula Rp 5 juta menjadi Rp 10 juta. Mengingat QRIS akan ekspansi hingga ke 250 mall dan pasar. Ini akan mendukung program elektronifikasi transaksi pemerintah dan UMKM juga.

ADVERTISEMENTS


Fili mengatakan, transaksi pemerintah daerah seperti pembayaran pajak, hingga pembayaran STNK juga sudah bisa scan QRIS. Maka dari itu nominal transaksi besar perlu difasilitasi agar masyarakat semakin leluasa berbelanja, membayar, berdonasi dengan QRIS saat kebutuhan meningkat.

ADVERTISEMENTS


Terlebih BI punya target untuk meningkatkan jumlah pengguna QRIS hingga 26 juta pada 2022. Fili mengatakan selain jumlah merchant yang terus ditambah, jumlah pengguna dan transaksi juga jadi fokus pada 2022. BI dorong pemilik rekening bank, pengguna akun di penyelenggara sistem pembayaran, dan infrastruktur terkait lainnya untuk gunakan QRIS.

Berita Lainnya:
Pertamina dan Polri Tanda Tangani Kerja Sama Pengamanan Objek Vital Nasional


 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi