Jumat, 14/06/2024 - 19:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Jadi Tradisi Masyarakat Aceh, Gampong Dayah Meunara Adakan Khanduri Blang, Dinas Pertanian Aceh Utara Ikut Hadir

LHOKSUKONKhanduri Blang atau disebut Kenduri Sawah adalah suatu tradisi atau Adat Petani Aceh dari turun-temurun yang mengalir dari nenek moyang sampai sekarang.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Di Gampong Dayah Meunara yang merupakan salah satu Gampong yang ada di Kemukiman Keude Buloh Blang Ara Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Khanduri blang bermakna kenduri sawah yaitu acara syukuran disertai doa dan makan bersama yang dilaksanakan oleh para petani ketika musim tanam dimulai.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Karena tradisi ini dilakukan turun-temurun oleh petani di Aceh, maka tradisi ini menjadi salah satu bagian dari khazanah Adat di Aceh untuk mengharapkan berkah, sekaligus bermunajat kepada Allah SWT agar sawah mereka bebas dari hama, saat musim tanam hingga panen tiba.

Dahulu, kegiatan ini berlangsung setahun sekali.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Seiring perkembangan zaman, di mana musim tanam telah berlangsung dua kali setahun, maka kegiatan kenduri blang ini juga dilakukan dua kali dalam setiap tahun.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Kementan Optimalkan Sistem Irigasi untuk Lahan Rahan Rawa di Aceh Utara
ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Dalam pelaksanaan kegiatan para petani mengelar syukuran untuk mendoakan tanaman padi mereka agar bisa meningkat produksinya dan sawah terbebas dari hama.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Setiap tahun di hari tertentu, warga di sana berkumpul di areal persawahan atau pada tempat yang telah di tentukan untuk makan bersama.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Seperti hal pantauan HARIANACEH.co.id di Gampong Dayah Meunara yang merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Kuta Makmur.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS

Kaum perempuan memasak kari ayam dengan cara tradisional, sementara pria menyambut tamu dari desa lainnya yang telah diundang.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Keuchik Gampong Dayah Meunara, Lukman, Mengundang Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Utara, Muspika Kecamatan Kuta Makmur dan petugas penyuluh Kecamatan setempat serta tokoh masyarakat, Kamis (01/06/2022).

Berita Lainnya:
Produk Fesyen Aceh Laris Manis di AMFF

“Tamu dari yang turut hadir, Kapolsek Kuta Makmur Ipda Slamet Rezeki, Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Bapak Zulfikar, Koordinator Penyuluhan Shanuran, Kasie Lahan dan Air Asnaidi, Kasie Pupuk dan Alsintan Husaini, Toko Tani Kuta Makmur Tgk Kamarudin dan Mukim Kec. Kuta Makmu serta tamu undangan dari berbagai desa,” ungkapnya.

Menurut petani Kanduri ini dilakukan oleh petani di gampong tersebut untuk seluruh masyarakat.

Selain untuk doa bersama, juga untuk merasakan kemudahan dari petani. Juga sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas rezeki yang telah diberikan oleh Sang Maha Pencipta.

Kenduri syukuran, doa dan makan bersama ini memberi motivasi tersendiri bagi petani untuk memulai musim tanam dengan harapan tanaman padi mereka akan lebih berkah dan hasil panen berlimpah.

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

أُولَٰئِكَ الَّذِينَ اشْتَرَوُا الضَّلَالَةَ بِالْهُدَىٰ وَالْعَذَابَ بِالْمَغْفِرَةِ ۚ فَمَا أَصْبَرَهُمْ عَلَى النَّارِ البقرة [175] Listen
Those are the ones who have exchanged guidance for error and forgiveness for punishment. How patient they are in pursuit of the Fire! Al-Baqarah ( The Cow ) [175] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi