Sabtu, 27/07/2024 - 12:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Jadi Tradisi Masyarakat Aceh, Gampong Dayah Meunara Adakan Khanduri Blang, Dinas Pertanian Aceh Utara Ikut Hadir

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

LHOKSUKONKhanduri Blang atau disebut Kenduri Sawah adalah suatu tradisi atau Adat Petani Aceh dari turun-temurun yang mengalir dari nenek moyang sampai sekarang.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Di Gampong Dayah Meunara yang merupakan salah satu Gampong yang ada di Kemukiman Keude Buloh Blang Ara Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Khanduri blang bermakna kenduri sawah yaitu acara syukuran disertai doa dan makan bersama yang dilaksanakan oleh para petani ketika musim tanam dimulai.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Karena tradisi ini dilakukan turun-temurun oleh petani di Aceh, maka tradisi ini menjadi salah satu bagian dari khazanah Adat di Aceh untuk mengharapkan berkah, sekaligus bermunajat kepada Allah SWT agar sawah mereka bebas dari hama, saat musim tanam hingga panen tiba.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Dahulu, kegiatan ini berlangsung setahun sekali.

Berita Lainnya:
RSIA Aceh Kini Miliki Layanan CT Scan
ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Seiring perkembangan zaman, di mana musim tanam telah berlangsung dua kali setahun, maka kegiatan kenduri blang ini juga dilakukan dua kali dalam setiap tahun.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Dalam pelaksanaan kegiatan para petani mengelar syukuran untuk mendoakan tanaman padi mereka agar bisa meningkat produksinya dan sawah terbebas dari hama.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Setiap tahun di hari tertentu, warga di sana berkumpul di areal persawahan atau pada tempat yang telah di tentukan untuk makan bersama.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Seperti hal pantauan HARIANACEH.co.id di Gampong Dayah Meunara yang merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Kuta Makmur.

Kaum perempuan memasak kari ayam dengan cara tradisional, sementara pria menyambut tamu dari desa lainnya yang telah diundang.

Keuchik Gampong Dayah Meunara, Lukman, Mengundang Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Utara, Muspika Kecamatan Kuta Makmur dan petugas penyuluh Kecamatan setempat serta tokoh masyarakat, Kamis (01/06/2022).

Berita Lainnya:
Disbudpar Gelar Workshop Pemahaman Indikator dan Pengisian Data Kepariwisataan

“Tamu dari yang turut hadir, Kapolsek Kuta Makmur Ipda Slamet Rezeki, Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Bapak Zulfikar, Koordinator Penyuluhan Shanuran, Kasie Lahan dan Air Asnaidi, Kasie Pupuk dan Alsintan Husaini, Toko Tani Kuta Makmur Tgk Kamarudin dan Mukim Kec. Kuta Makmu serta tamu undangan dari berbagai desa,” ungkapnya.

Menurut petani Kanduri ini dilakukan oleh petani di gampong tersebut untuk seluruh masyarakat.

Selain untuk doa bersama, juga untuk merasakan kemudahan dari petani. Juga sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas rezeki yang telah diberikan oleh Sang Maha Pencipta.

Kenduri syukuran, doa dan makan bersama ini memberi motivasi tersendiri bagi petani untuk memulai musim tanam dengan harapan tanaman padi mereka akan lebih berkah dan hasil panen berlimpah.

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

قَالَ لَهُ صَاحِبُهُ وَهُوَ يُحَاوِرُهُ أَكَفَرْتَ بِالَّذِي خَلَقَكَ مِن تُرَابٍ ثُمَّ مِن نُّطْفَةٍ ثُمَّ سَوَّاكَ رَجُلًا الكهف [37] Listen
His companion said to him while he was conversing with him, "Have you disbelieved in He who created you from dust and then from a sperm-drop and then proportioned you [as] a man? Al-Kahf ( The Cave ) [37] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi