Rabu, 19/06/2024 - 14:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

6 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan dan Fungsi Otak 

Jeruk, kunyit, coklat hitam hingga kopi miliki kandungan baik untuk fungsi otak

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA– Otak adalah mekanisme kompleks yang mengatur setiap tindakan dalam tubuh termasuk kognisi, sentuhan, memori, emosi, koordinasi motorik, penglihatan, pernapasan, suhu, nafsu makan dan sebagainya.  Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang yang memanjang darinya.  Oleh karena itu, fungsi otak yang tepat sangat penting untuk menjaga semua fungsi dalam tubuh.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Dilansir dari doctor.ndtv pada Kamis (9/6), sangat penting untuk mengisi tubuh dengan nutrisi yang tepat untuk meningkatkan fungsi otak yang sehat. Ini membantu menjaga tubuh tetap sehat dan meningkatkan kapasitas otak untuk melakukan fungsi.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah


Berikut enam makanan untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi otak yaitu:

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda


1. Kopi

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh


Kopi adalah sumber kafein dan antioksidan yang hebat.  Kafein membantu meningkatkan energi dalam tubuh. Semburan energi yang tiba-tiba dari kopi dapat membantu meningkatkan suasana hati juga. Ini juga mempromosikan produksi hormon bahagia seperti dopamin.  Selanjutnya, kopi terbukti dapat meningkatkan kewaspadaan dalam pikiran. Seiring dengan ini, itu meningkatkan konsentrasi dan fokus di otak.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Polda Aceh Raih Juara Pertama Lomba Debat Hukum antar Polda Zona Barat


2. Coklat Hitam

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh


Kakao sering disebut kaya akan cokelat hitam. Flavonoid, sejenis antioksidan, juga ditemukan dalam cokelat. Otak sangat sensitif terhadap stres oksidatif, yang menyebabkan gangguan kognitif terkait usia dan penyakit otak. Antioksidan khususnya dikenal untuk melawan oksidan ini dan diperlukan untuk fungsi otak.  Para peneliti menemukan bahwa makan cokelat hitam dapat membantu neuroplastisitas, yang penting untuk belaja serta keuntungan terkait otak lainnya.

ADVERTISEMENTS


3. Kunyit

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK


Kunyit adalah bumbu yang sangat populer. Ini adalah komponen penting saat memasak kari dan memberikan berbagai manfaat kesehatan otak.  Unsur kunci dalam kunyit, kurkumin, telah ditemukan menembus sawar darah otak, memungkinkannya masuk ke otak dan membantu sel-sel di dalamnya.  Kunyit juga telah terbukti untuk memori yang lebih baik Ini meningkatkan pertumbuhan sel dalam tubuh dan memiliki sifat penyembuhan yang luar biasa.  Hal ini juga diyakini depresi yang lebih baik.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


4. Buah Beri

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard


Buah beri seperti stroberi, raspberry, blueberry dan sebagainya merupakan sumber antioksidan dan nutrisi lain yang sangat baik.  Beberapa antioksidan tersebut adalah asam caffeic, catechin, anthocyanin dan quercetin.  Beri mempromosikan komunikasi yang lebih baik antara sel-sel otak.  Ini membantu meningkatkan plastisitas, yang mendorong pembentukan koneksi baru antara sel-sel otak, meningkatkan pembelajaran dan memori.  Ini membantu menghindari atau memperlambat penyakit neurodegeneratif dan penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

Berita Lainnya:
FDP Salurkan 81 Hewan Qurban ke Perbatasan Aceh-Sumut dan Muslim Kamboja


5. Jeruk


Jeruk menyediakan vitamin C yang cukup. Faktanya, satu jeruk berukuran sedang memberikan asupan vitamin yang cukup untuk kebutuhan sehari. Vitamin C merupakan komponen penting dalam mencegah penuaan otak, oleh karena itu konsumsi vitamin C yang cukup sangat penting untuk kesehatan otak.  Tingkat vitamin C yang lebih tinggi dalam darah telah dikaitkan dengan perbaikan dalam tugas-tugas yang melibatkan fokus, memori, perhatian dan efisiensi keputusan.


6. Tomat


Tomat adalah buah lain yang penuh nutrisi. Tomat kaya akan antioksidan Lycopene.  Lycopene telah ditemukan untuk melindungi otak dari kerusakan sel.  Kerusakan sel ini juga dapat menyebabkan demensia khususnya Alzheimer.  Selain itu, bahan lain yang sering digunakan untuk memasak tomat, minyak zaitun, meningkatkan penyerapan nutrisi tomat dalam tubuh.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

لَّٰكِنَّا هُوَ اللَّهُ رَبِّي وَلَا أُشْرِكُ بِرَبِّي أَحَدًا الكهف [38] Listen
But as for me, He is Allah, my Lord, and I do not associate with my Lord anyone. Al-Kahf ( The Cave ) [38] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi