Satgas Ingatkan Kewajiban PPLN ke Indonesia yang Masih Berlaku

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Ketentuan ini demi tujuan keselamatan dan kesehatan masyarakat,

ADVERTISEMENTS

JAKARTA–Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengingatkan kewajiban vaksinasi bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang hendak masuk ke Indonesia masih berlaku.

ADVERTISEMENTS


Karena itu, PPLN yang hendak masuk ke Indonesia harus memastikan telah divaksinasi.”Jika belum maka wajib karantina selama 5 x 24 Jam dan melakukan tes konfirmasi untuk menyelesaikan karantina tersebut,” ujar Wiku dalam keterangan persnya, Jumat (1/7/2022).

ADVERTISEMENTS


Wiku menambahkan, pemberlakuan wajib tes konfirmasi Covid-19 saat kedatangan di Indonesia juga berlaku bagi PPLN yang menunjukkan gejala mirip Covid-19 atau suspect. Kemudian, bagi PPLN yang dalam tahap pemulihan pascacovid-19 juga diperbolehkan masuk ke Indonesia dengan menunjukan surat keterangan.”Wajib menunjukkan surat keterangan tidak menularkan jika baru menyelesaikan masa isolasi di negara asal kedatangan,” ujarnya,

ADVERTISEMENTS


Sedangkan, ketentuan bagi masyarakat yang hendak bepergian ke luar negeri, pemerintah juga mengatur orang yang akan berangkat ke luar negeri wajib untuk sudah divaksin lengkap atau booster, kecuali untuk usia kurang dari 6 tahun.

ADVERTISEMENTS


Wiku mengatakan, ketentuan ini demi tujuan keselamatan dan kesehatan masyarakat, termasuk tidak menularkan kembali orang lain di sekitarnya.”Perlu menjadi catatan bahwa kebijakan mobilitas dalam dan luar negeri serta protokol kegiatan acara besar akan berlaku sampai waktu yang tidak ditentukan,” kata Wiku.

ADVERTISEMENTS


Namun, kata Wiku, kebijakan ini dapat berubah menyesuaikan perubahan kondisi kasus.”Namun khusus untuk penerapan PPKM terkini akan berlaku sampai dengan tanggal 4 Juli mendatang seiring dengan dilakukan evaluasi asesmen leveling kabupaten kota secara rutin,” kata dia.

ADVERTISEMENTS


 

ADVERTISEMENTS


 

ADVERTISEMENTS


 


Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version