Sabtu, 20/04/2024 - 05:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Rusia Sukses Luncurkan Satelit Iran ke Orbit

ADVERTISEMENTS

Sekitar sembilan menit setelah diluncurkan satelit yang bernama Khayyam tiba di orbit

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 MOSKOW — Roket Rusia berhasil meluncurkan satelit Iran ke Orbit. Roket Soyuz lepas landas sesuai jadwal pada pukul 08.52 pagi waktu Moskow, Selasa (9/8/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Roket itu diluncurkan dari fasilitas peluncuran roket Baikonur di Kazakhstan. Sekitar sembilan menit setelah diluncurkan satelit Iran yang dinamakan Khayyam tiba di Orbit.

ADVERTISEMENTS


Nama satelit itu diambil dari ilmuwan dan penulis Persia Omar Khayyam yang hidup pada abad ke-11 dan 12. Iran mengatakan satelit itu dilengkapi kamera resolusi tinggi.

Berita Lainnya:
Prancis Cegat Drone dan Rudal Iran di atas Yordania


Teheran mengatakan akan menggunakan satelit itu untuk memantau lingkungan dan sepenuhnya mereka kendalikan. Iran menegaskan tidak ada negara lain yang memiliki akses informasi yang dikumpulkan satelit tersebut.


Iran juga memastikan informasi yang dikumpulkan bertujuan untuk kepentingan publik semata. Tapi ada tuduhan Rusia mungkin menggunakannya untuk mengawasi Ukraina selama invasi mereka di sana.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Bila operasinya berhasil maka satelit Khayyam akan memberi Iran kemampuan untuk mengawasi Israel dan negara-negara lain di Timur Tengah. Stasiun televisi pemerintah Iran menyiarkan peluncuran itu secara langsung.

Berita Lainnya:
DPR Peringatkan Triple Shock Jika Harga Minyak Dunia Naik


Mereka melaporkan menteri telekomunikasi Iran menghadiri peluncuran di Kazakhstan. Mengutip badan luar angkasa sipil Iran, stasiun televisi melaporkan satelit itu akan memberi foto resolusi tinggi dengan resolusi satu meter per pixel.


Satelit-satelit sipil Barat hanya menawarkan sekitar setengah meter per pixel. Sementara satelit mata-mata Amerika Serikat diyakini memiliki resolusi yang lebih tinggi.


Iran memiliki program antariksa sipil dan militer. AS khawatir Iran akan menggunakannya untuk meningkatkan program rudal. Tapi beberapa tahun terakhir Iran mengalami serangkaian kegagalan peluncuran satelit.


sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi