Minggu, 21/07/2024 - 07:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Urine Berulang Kali Keruh Tanda Sakit Apa?

Waspadai jika urine sering terlihat keruh.

JAKARTA — Urine normal dan sehat diidentifikasikan berwarna kuning jernih. Urine keruh dan berwarna lebih gelap bisa mengindikasikan kondisi medis tertentu.

Cleveland Clinic menjelaskan bahwa penyebab paling umum dari urine keruh adalah adanya basa. Urine terdiri atas air, garam, dan limbah dari ginjal dan keseimbangan komponen ini memengaruhi alkalin atau keasaman (pH) dalam urine. Kadar asam-ke-basa urine yang normal berkisar antara 4,5 hingga 8 pH.

Urine yang berada di bawah pH 5 dianggap asam, dengan urine yang berukuran pH 8 atau lebih tinggi bersifat basa. Alkali tinggi menyebabkan urine keruh.

Berita Lainnya:
Mengenal Virus West Nile yang Kini Menyerang Israel


“Tetapi tanda-tanda urine keruh yang sering dan berulang dapat mengindikasikan kondisi medis yang mendasarinya,” kata Cleveland Clinic, seperti dilansir laman Express, Senin (8/8/2022).

Sejumlah kondisi memiliki urine keruh sebagai efek samping dari beberapa penyakit serius. Contohnya diabetes, preeklamsia, penyakit ginjal, atau batu ginjal.

Diabetes dapat menyebabkan urine keruh ketika terlalu banyak gula menumpuk di urine. Tanda lain diabetes yang mungkin menyertai urine keruh adalah air seni beraroma manis atau beraroma buah.

Preeklamsia adalah suatu kondisi yang memengaruhi beberapa ibu hamil, biasanya selama paruh kedua kehamilan. Kehadiran protein mungkin menandakan preeklamsia. Selain kelebihan protein, urine Anda mungkin tampak keruh.

Berita Lainnya:
Sepasang Lansia Meninggal Membusuk di Bogor, Psikolog: Ini Bisa Jadi Pelajaran Bagi Kita

Batu ginjal berkembang ketika kelebihan garam dan mineral menumpuk di dalam saluran kemih. Penyumbatan ini dapat menyebabkan infeksi, yang dapat menyebabkan urine keruh.

Kencing yang terlihat keruh, gelap, atau berbau kuat bisa menandakan infeksi saluran kemih (ISK), menurut layanan kesehatan nasional Inggris (NHS). ISK memengaruhi saluran kemih, termasuk kandung kemih (sistitis), uretra (uretritis), atau ginjal (infeksi ginjal).

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

ثُمَّ أَتْبَعَ سَبَبًا الكهف [89] Listen
Then he followed a way Al-Kahf ( The Cave ) [89] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi