Dua Belas Orang Tewas Dalam Baku Tembak di Hotel Somalia

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
ADVERTISEMENTS

Penyerang menerobos masuk hotel dengan dua mobil bom.

ADVERTISEMENTS

 MOGADISHU — Kantor intelijen Somalia mengatakan setidaknya 12 orang tewas dalam serangan milisi bersenjata ke sebuah hotel di Mogadishu. Pihak berwenang setempat masih berusaha merebut kembali hotel dari kelompok yang memiliki koneksi dengan al Qaeda.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS


Penyerang menerobos masuk Hayat Hotel pada Jumat (19/8/2022) malam waktu setempat dengan dua mobil bom. Kemudian mereka melepaskan tembakan. Pemberontak al Shabaab mengaku bertanggung jawab atas serangan ini.

ADVERTISEMENTS
ADVETISEMENTS


“Sejauh ini kami mengkonfirmasi 12 orang tewas, sebagian besar warga sipil, operasinya hampir selesai tapi masih berlangsung,” kata seorang petugas intelijen yang mengaku bernama Mohammed, Sabtu (20/8/2022).

ADVERTISEMENTS


Ledakan menimbulkan asap hitam ke sebuah persimpangan jalan pada Jumat malam. Suara tembakan masih terdengar hingga Sabtu 07.00 pagi. Saksi mata mengatakan suara ledakan kembali terdengar saat pasukan pemerintah mencoba merebut kembali hotel itu dari milisi.

ADVERTISEMENTS


Mereka mengatakan sebagian bangunan hotel hancur dalam baku tembak. Serangan ini merupakan serangan besar pertama sejak Presiden Hassan Sheikh Mohammad menjabat pada bulan Mei lalu.

ADVERTISEMENTS


Berdasarkan terjemahan SITE Intelligence Group yang memantau pernyataan kelompok pemberontak bersenjata al Shabaab, kelompok yang memiliki koneksi dengan al Qaeda mengklaim bertanggung jawab.  

ADVETISEMENTS


Sudah lebih dari 10 tahun al Shabaab berperang untuk menggulingkan pemerintah Somalia. Kelompok itu ingin mendirikan pemerintah sesuai kehendak mereka sendiri.


Hayat Hotel merupakan tempat populer di antara anggota parlemen dan pejabat pemerintah. Belum diketahui apakah ada pejabat yang terjebak dalam baku tembak.


sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version