Senin, 26/02/2024 - 01:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Antisipasi Kenaikan Harga BBM, Perusahaan Ekspedisi Perkuat Armada Motor Listrik

ADVERTISEMENT

Pemerintah berencana menaikkan harga BBM subsidi.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

 JAKARTA — Perusahaan ekspedisi jasa pengiriman, SiCepat Ekspres berupaya mengoptimal motor listrik. Hal ini bertujuan untuk menekan biaya operasional. 

ADVERTISEMENT
Hari Pers Nasional


Chief Executive Officer (CEO) SiCepat Ekspres, The Kim Hai mengatakan perusahaan belum akan menaikkan ongkos kirim terkait pengiriman paket. “Keputusan ini didukung dengan inovasi SiCepat yang telah melakukan langkah efisiensi operasional melalui pengalihan kendaraan operasional motor bensin menjadi motor listrik secara bertahap,” ujarnya dalam keterangan tulis, Kamis (25/8/2022).

ADVERTISEMENT


Menurut The Kim Hai, pemanfaatan electric vehicle (EV) ini merupakan langkah diversifikasi sumber energi oleh SiCepat Ekspres agar perusahaan tidak hanya bergantung pada sumber energi fosil dalam menjalankan kegiatan operasional. Dari sisi operational cost, pemanfaatan EV telah membuat SiCepat mengalami penghematan bahan bakar hingga lebih dari Rp 9 miliar.

ADVERTISEMENT
KUR Syariah Bank Aceh
Berita Lainnya:
Dorong Peningkatan Berkelanjutan, Mowilex Bentuk Dewan Penasihat Ilmiah


Dari data tersebut, diproyeksikan hingga akhir tahun ini, operasional SiCepat dapat menghemat BBM dan biaya maintenance motor lebih dari Rp 71 miliar. Maka begitu, perusahaan dapat meminimalisir potensi dampak operasional dari wacana kenaikan harga BBM.

ADVERTISEMENT
Bayar Tol dengan Pengcard


Untuk memudahkan kurir SiCepat, yaitu SiGesit, dalam melakukan pengiriman paket menggunakan EV, SiCepat dalam kerja sama dengan Volta juga menyediakan infrastruktur Sistem Ganti Baterai (SGB) di 181 titik yang tersebar di Jabodetabek, Semarang, dan Bali. Adapun inisiatif ini sekaligus merupakan upaya pembangunan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi.

ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action


Dalam satu kali pengisian baterai, motor listrik Volta mampu menempuh jarak hingga 60 km. Lalu untuk mengisi ulang daya baterai, SiGesit hanya perlu menukarkan baterai yang sudah habis dengan baterai baru di mesin SGB. 

Berita Lainnya:
Pegadaian Tambah Outlet di Daerah Blank Spot Demi Layanan Maksimal


“Terlebih, SiCepat menyediakan mesin SGB yang juga berlokasi di gerai. Sehingga, kurir dapat dengan mudah mengakses SGB khusus penukaran baterai,” ucapnya.


Direktur PT Volta Indonesia Semesta Willty Awan menambahkan proyeksi EV terhadap bisnis logistik dapat menjadi solusi di tengah wacana kenaikan harga BBM bersubsidi. “SiCepat telah melakukan inovasi yang strategis dan terbukti bahwa produk EV kami dapat menjawab kebutuhan operasional SiCepat. Motor listrik Volta 401 dapat mengangkut beban hingga 200 kg dan minim biaya maintenance, terutama baterai, karena menggunakan Sistem Ganti Baterai,” ucapnya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENT

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi