Rabu, 22/05/2024 - 10:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Ikappi: Harga Sembako Bakal Naik, Pedagang Sengsara

Kenaikan harga BBM ini akan memberikan efek domino terhadap kehidupan masyarakat.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) menyampaikan, kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM akan berdampak besar bagi para pedagang pasar. Harga sembako dipastikan akan meningkat dan menyulitkan para pedagang.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan


“Kenaikan harga BBM ini akan berdampak sangat besar terhadap kenaikan harga sembako. Mungkin hari ini masih belum terlalu terlihat, karena masih penyesuaian harga, namun kenaikan harga sembako itu pasti,” kata Ketua Bidang Penguatan Usaha dan Investasi Ikappi, Ahmad Choirul Furqon, dalam keterangan resminya, Selasa (6/9/2022).


Ia mengatakan kenaikan harga BBM yang berimbas pada kenaikan harga sembako akan berdampak banyak hal. Mulai dari inflasi hingga menyengsarakan pedagang Pasar.

Berita Lainnya:
Dua Maskapai Rusia Tertarik Buka Penerbangan Langsung ke Indonesia


“Kenaikan harga BBM ini akan memberikan efek domino terhadap kehidupan masyarakat, seperti inflasi, biaya transportasi, hingga lonjakan harga pangan,”kata dia.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Lebih lanjut, Furqon menuturkan, jika proyeksi awal inflasi hanya akan berada pada kisaran 4 persen, pasca kenaikan harga BBM akan lebih tinggi. Analisa perbankan dan ekonom menyebutkan paling buruk bahkan mencapai 6 persen hingga 8 persen.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


“Terus apakah ini baik untuk sebuah negara? Tentu tidak, maka dari itu jika pemerintah ingin membuat kebijakan harus dilihat secara holistik, bukan parsial,” kata dia.


Sejauh ini, Furqon mengatakan, kenaikan harga sembako sudah terlihat dengan naiknya harga daging ayam dan cabai di sejumlah daerah. Ia pun berharap pemerintah dalam menyelesaikan masalah BBM tidak hanya menggunakan kebijakan populis tapi harus dengan pertimbangan logis dan matang. 

ADVERTISEMENTS


“Kebijakan BLT dalam praktiknya hanya seperti menjadi obat bius sementara bagi masyarakat, setelah BLT selesai lantas apa solusi untuk masyarakat,” kata dia.

ADVERTISEMENTS


Furqon menambahkan, kebijakan harga BBM  jangan sampai hanya menguntungkan segelintir orang. “Kita tahu sejak lama Indonesia Disandera oleh mafia migas, kami harap kenaikan harga BBM ini tidak hanya menguntungkan para importir migas dan menyengsarakan masyarakat, khususnya pedagang pasar,” kata dia.

Berita Lainnya:
Pupuk Kaltim: Hampir 25 Ribu Petani Tergabung dalam Program Makmur

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi