Jumat, 14/06/2024 - 20:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Wanita Ini Hampir Kehilangan Kakinya Karena Makan Buah yang Sama Setiap Hari

Orang yang menggunakan statin disarankan tidak memakan buah ini.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Menurut laporan kasus mengerikan yang diterbitkan dalam jurnal Lancet, seorang wanita hampir kehilangan kakinya karena diamputasi. Hal ini terjadi akibat gumpalan darah terbentuk di pembuluh darah dalam di kakinya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh


Kemungkinan penyebabnya sungguh mengejutkan. Wanita itu makan grapefruit setiap hari. Grapefruit atau dikenal juga dengan jeruk bali merah adalah buah golongan sitrus yang merupakan hasil persilangan antara jeruk biasa dan jeruk bali. Sesuai namanya, buah ini memiliki daging buah berwarna kemerahan atau merah muda dan kulit buah berwarna jingga.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah


Peneliti menduga, apa yang dilakukannya ini mungkin berkontribusi pada pembentukan bekuan darah. Dokter darurat di Olympia, di negara bagian Washington, pantai Pasifik AS, merawat wanita berusia 42 tahun itu pada November 2008 setelah dia dirawat karena sesak napas, pusing, dan kesulitan berjalan.


Pemindaian ultrasound menemukan dia memiliki gumpalan besar yang menghalangi pembuluh darah kaki kirinya. Dia berada dalam bahaya kehilangan anggota badan karena gangren, tetapi dokter memberikan obat penghilang bekuan darah langsung ke dalam penyumbatan dan dengan aman melarutkannya. Hal ini pada gilirannya meningkatkan tingkat koagulabilitas yaitu kecenderungan darah untuk menggumpal.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Peneliti Temukan Zat Kimia dari Ban Mobil di Sayuran Hijau, Kok Bisa?


Dilansir laman Express, Selasa (6/9/2022), grapefruit ‘dipecah’ dengan sangat lambat di tubuh, yang berarti memiliki efek kumulatif jika diminum setiap hari. Jadi, pada hari ketiga dietnya, kadar estrogen pasien akan berkali-kali lipat di atas normal, membantu pembentukan gumpalan. Namun, penting untuk menjaga rasa perspektif.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh


Mengomentari temuan pada saat itu, konsultan hematologi Addenbrooke’s NHS Trust, dr Trevor Baglin, mengatakan dari studi kasus ini tampak seolah-olah grapefruit meningkatkan efek trombotik dari pil kontrasepsi dengan adanya kecenderungan genetik. “Namun, perlu ditunjukkan bahwa ini adalah studi kasus tunggal dan kasus yang sangat tidak biasa. Saya menyarankan agar diet ekstrem apa pun harus dihindari karena mereka dapat memiliki konsekuensi yang tidak terduga,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Bangun Kemampuan Literasi dan Numerasi Anak? Orang Tua dan Guru Bisa Lakukan Ini
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024


Perlu dicatat orang yang menggunakan statin (obat yang menurunkan kolesterol dan risiko pembekuan darah selanjutnya) disarankan untuk tidak makan grapefruit. Badan kesehatan di Inggris, National Health Services (NHS), mengingatkan jangan minum jus grapefruit jika Anda menggunakan simvastatin (jenis statin yang umum). “Grapefruit meningkatkan tingkat simvastatin dalam darah Anda dan membuat efek samping lebih mungkin terjadi,” ujar badan tersebut.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK


Seperti yang dijelaskan selanjutnya, atorvastatin (statin umum lainnya) juga berinteraksi dengan jus grapefruit jika Anda minum dalam jumlah besar (lebih dari 1,2 liter setiap hari), tetapi segelas sesekali dianggap aman. “Saat ini, profesional kesehatan menyarankan aman untuk minum jus grapefruit dan makan grapefruit jika Anda menggunakan jenis statin lain,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS


 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard


 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

فَهَزَمُوهُم بِإِذْنِ اللَّهِ وَقَتَلَ دَاوُودُ جَالُوتَ وَآتَاهُ اللَّهُ الْمُلْكَ وَالْحِكْمَةَ وَعَلَّمَهُ مِمَّا يَشَاءُ ۗ وَلَوْلَا دَفْعُ اللَّهِ النَّاسَ بَعْضَهُم بِبَعْضٍ لَّفَسَدَتِ الْأَرْضُ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ ذُو فَضْلٍ عَلَى الْعَالَمِينَ البقرة [251] Listen
So they defeated them by permission of Allah, and David killed Goliath, and Allah gave him the kingship and prophethood and taught him from that which He willed. And if it were not for Allah checking [some] people by means of others, the earth would have been corrupted, but Allah is full of bounty to the worlds. Al-Baqarah ( The Cow ) [251] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi