Sabtu, 27/07/2024 - 08:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Kiai Zulfa Mustofa: Taqwa dan Akhlak Jalan Cepat Muslim Masuk Surga

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Taqwa dan akhlak diibaratkan bagai dua sisi mata uang yang saling melengkapi.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

JAKARTA — Wakil Ketua Umum (Waketum) PBNU KH Zulfa Mustofa menyebut taqwa dan akhlak menjadi hal yang membantu umat Muslim masuk dalam surganya Allah SWT. Hal ini ia sampaikan dalam kegiatan kajian Sunnah Rasul: Jalan Menuju Taqwa, yang digelar di Masjid At-Thohir, Depok.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Nabi Muhammad SAW pernah ditanya oleh sahabat, “Apa yang paling banyak membuat manusia masuk dalam surga?” Dijawab, “Taqwa kepada Allah SWT dan berakhlak yang baik. Jadi dua hal ini adalah jalan kita paling cepat menuju surganya Allah SWT,” ujarnya, Sabtu (8/10/2022).

Berita Lainnya:
Bahayanya Lupa Bersyukur yang Bisa Datangkan Azab, Begini Penjelasan Alquran
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Taqwa dan akhlak diibaratkan bagai dua sisi mata uang yang saling melengkapi. Seseorang baru dikatakan sebagai seorang Muslim yang baik manakala dia bertaqwa dan berakhlak.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Taqwa sendiri arti yang paling sederhana adalah menjalankan perintah Allah SWT dan meninggalkan larangan-Nya. Ketika seseorang sudah bisa menjalankan perintah Allah SWT dan meninggalkan larangannya, Kiai Zulfa menyebut itulah sesungguhnya pusat dari kebahagiaan manusia.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Ia juga menyebut taqwa memiliki dua inti, yaitu akhlak umat Muslim kepada Allah SWT dan akhlak kepada sesama makhluk. Takwa ini sifatnya lebih umum daripada akhlak.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Lebih lanjut, Kiai Zulfa juga menjelaskan perihal sunnah. Pengertian sunnah adalah segala ucapan, perbuatan dan pengakuan Nabi SAW atas sebuah perilaku yang dianggap baik. Sunnah merupakan contoh langsung dari Rasulullah, sementara budaya adalah tradisi atau kebiasaan yang berlaku di suatu daerah.

Berita Lainnya:
Kisah Juraij dan Bayi 'Ajaib'
ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Terkadang, ia menyampaikan memang ada budaya yang berkaitan dengan sunnah Rasul. Contohnya, budaya yang terkait dengan masa Nabi tinggal. Makanya banyak orang yang menganggap budaya itu agama, namun ada pula yang memusuhi budaya.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

“Ini tidak bagus, mestinya orang itu fair. Tidak boleh mengagamakan budaya, tapi juga tidak boleh memusuhi budaya. Kalau budaya sejalan dengan nilai-nilai agama, sesungguhnya tidak masalah,” lanjutnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَمَا مَنَعَ النَّاسَ أَن يُؤْمِنُوا إِذْ جَاءَهُمُ الْهُدَىٰ وَيَسْتَغْفِرُوا رَبَّهُمْ إِلَّا أَن تَأْتِيَهُمْ سُنَّةُ الْأَوَّلِينَ أَوْ يَأْتِيَهُمُ الْعَذَابُ قُبُلًا الكهف [55] Listen
And nothing has prevented the people from believing when guidance came to them and from asking forgiveness of their Lord except that there [must] befall them the [accustomed] precedent of the former peoples or that the punishment should come [directly] before them. Al-Kahf ( The Cave ) [55] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi