Jumat, 14/06/2024 - 20:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Qatar Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Dukung Piala Dunia Net Zero

Pada 18 Oktober 2022, Qatar meresmikan pembangkit listrik tenaga surya pertamanya

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA – Qatar merupakan anggota Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) selama beberapa dekade, sebelum akhirnya keluar pada 2019. Baru-baru ini, Qatar telah mempertimbangkan penggunaan tenaga surya untuk menyediakan energi bagi negara Teluk tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh


Pada 18 Oktober 2022, Qatar meresmikan pembangkit listrik tenaga surya pertama yang dibangun di lokasi yang luas. Pembangkit listrik ini bertujuan untuk menyediakan hingga 10 persen dari pasokan energi di Qatar.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah


“Perkebunan tenaga surya di Al Kharsaah, tepatnya sebelah barat ibu kota Doha, adalah salah satu yang terbesar di Timur Tengah,” kata Menteri Energi dan Presiden QatarEnergy, Saad Sherida al Kaabi dilansir TRT World, Jumat (21/10/2022).


Perkebunan tenaga surya itu diluncurkan pada 2016 dalam kemitraan dengan TotalEnergies Prancis dan Marubeni Jepang, sebagai bagian dari dorongan yang lebih luas oleh Qatar untuk berinvestasi dalam energi surya. Proyek tersebut memakan biaya hingga 1,7 miliar riyal Qatar atau setara 467 juta dolar AS, terdiri dari sekitar 1,8 juta panel surya dan mencakup area seluas lebih dari 10 kilometer persegi.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Pejabat Israel Bantah Terlibat dalam Kecelakaan Helikopter Presiden Iran


“Beroperasi sejak Juni, pembangkit itu memiliki kapasitas 800 megawatt dan akan diperluas lebih jauh di tahun-tahun mendatang,” kata Kaabi dalam konferensi pers.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh


Kaabi mengatakan pabrik itu adalah bagian dari inisiatif strategis Qatar untuk membangun proyek yang berkontribusi pada pengurangan emisi gas dan termal. Pada siang hari, teknologi pelacakan sinar matahari menggerakkan panel untuk memastikan paparan sinar matahari maksimum. Sementara pada malam hari, ada lengan robot yang membersihkan debu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024


Negara yang akan menjadi penyelenggara Piala Dunia FIFA itu telah menggunakan pembangkit listrik tenaga surya besar untuk mendukung klaim bahwa Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia net zero pertama. Namun Kaabi mengatakan dia tidak bisa memastikan pembangkit listrik Al Kharsaah akan menyediakan listrik untuk stadion, yang menjadi tuan rumah pertandingan selama turnamen November-Desember.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Rusia: Israel Hambat Pembebasan Sandera yang Ditahan Hamas


Qatar, yang saat ini tertinggal di belakang negara-negara Teluk lainnya dalam perlombaan tenaga surya, telah mengumumkan target lima gigawatt kapasitas energi surya pada 2035. Qatar juga mengumumkan dua proyek surya besar pada Agustus lalu, yang akan lebih dari dua kali lipat output energi dari sumber terbarukan dalam waktu dua tahun.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS


Arab Saudi juga telah mengumumkan target lima gigawatt kapasitas energi surya, tetapi berjanji untuk mencapainya pada 2030. Uni Emirat Arab telah memiliki pembangkit listrik tenaga surya selama lebih dari satu dekade.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard


 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

لِّلَّذِينَ يُؤْلُونَ مِن نِّسَائِهِمْ تَرَبُّصُ أَرْبَعَةِ أَشْهُرٍ ۖ فَإِن فَاءُوا فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ البقرة [226] Listen
For those who swear not to have sexual relations with their wives is a waiting time of four months, but if they return [to normal relations] - then indeed, Allah is Forgiving and Merciful. Al-Baqarah ( The Cow ) [226] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi