Jumat, 03/05/2024 - 10:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

IN-DEPTH

Pesan Penting Muhammadiyah dari Nganjuk

ADVERTISEMENTS

Pesan Penting Soal Pendidikan Muhammadiyah Hadapi Era Society Five point 0

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

  Penulis: Prof Dr Agus Suradika, Wakil Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jakarta.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Beberapa hari lalu saya pergi menghadiri pengajian di Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Nganjuk. Pada acara forum  kajian Ahad pagi yang diebut  “Fajar Mubarok” disampaikan mengenai kiprah pendidikan Muhammadiyah di dalam menghadapi  era Society Five point 0,

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Menurut pengajian itu,   oada masa kini teknologi mempunyai kekuatan tertinggi. Teknologi menggantikan uang. Di era pandemi kehadirannya sangat dirasakan terutama pada pembelajaran, arus komunikasi, arus transaksi. Istilah kerennya,dengan seni hidup jadi indah dengan teknologi hidup jadi mudah: dengan Agama hidup jadi terarah

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh


Pendidikan di Muhammadiyah memang harus mempersiapkan diri dan merespons dengan segera soal ini. Apalagi, manusia itu makhluk paripurna punya akal dan rasa. Sedang binatang hanya rasa. Hingga monyet akan terus makan pisang selama masih ada di dunia.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Pada akal manusia bersifat dinamis oleh sebab itu, manusia punya kemampuan diskriminasi (mempunyai kemampuan membedakan, mana punya sendiri mana milik orang lain. Monyet tidak mempunyai kemampuan diskriminasi mana miliknya mana milik orang lain. Itulah sebabnya ada yang mengatakan Koruptor itu sama dengan monyet

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Kaki pejabat seperti terpenjara, tak bebas ke mana. Gara gara ditraktir makan siang senilai sepuluh juta oleh pengusaha sehingga ada pejabat terkena pasal gratifikasi. Maka lapas yang dulu diresmikannya kini memenjarakannya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh


Hukum belum bertakhta (belum berkuasa), maka ketidakjelasan ada di mana dan ketidakjelasan harus segera diakhiri. Kalau tidak akan terjadi kebohongan di atas kebohongan.


Pandemi Covid sudah selesai tapi tetap wajib berikhtiar. Muhammadiyah senantiasa taat dengan aturan, tapi tidak bisa melarang warganya memakai masker.


Di era seperti ini kreativitas sangat diperlukan. Kreatif artinya menghubungkan dua hal yang tak ada hubungannya jadi bermakna. Hal-hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah Kolaborasi.


Maka, untuk membangun sekolah yang maju, maka antara sekolah (AUM) dengan PDM/PCM harus satu frekuensi untuk meminimalisasi konflik. Sekolah harus memiliki manajemen yang kuat. Jangan banyak terjadi konlik internal. Kejujuran harus diutamakan hingga Allah-lah yang akan menjaga Muhammadiyah. Semua merasa memiliki ini kekuatan sekaligus kelemahan dalam AUM.


Mengapa Muhammadiyah begitu jadi besar dan mendunia? Yang pertama terus bergerak dan terus ikhtiar tanpa jeda. Yang kedua, keikhlasan dari pimpinan dan karyawan. Yang ketiga senantiasa semangat dalam menjalankan amanah. 


Muhammadiyah bukan partai politik, tapi warganya tidak boleh buta politik. Muhammadiyah tidak punya kekuasaan, namun Muhammadiyah tidak bisa melarang warganya meraih kekuasaan dengan tidak membawa nama Muhammadiyah.


Untuk Indonesia yang aman dan nyaman untuk warganya yang bineka maka Kemesraan Islam dengan negara adalah sebuah keniscayaan.


 


(Nganjuk parira 13/11/22)


 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi