Selasa, 23/04/2024 - 12:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

IN-DEPTH

Durian dan Pemuliaan Tanaman

ADVERTISEMENTS

Dari 30 spesies durian di dunia, 20 ada di Sumatra dan 7 ada di Kalimantan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Penulis:Nasihin Masha, Mantan Pimpinan Redaksi Republika

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Indonesia memiliki kekayaan flora dan fauna yang luar biasa. Namun kali ini kita hanya akan membahas flora saja. Itu pun lebih spesifik ke tanaman buah. Lebih khusus lagi buah durian.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam peta geologi, kepulauan Indonesia dibagi menjadi tiga wilayah yang dipisahkan oleh Garis Wallace dan Garis Weber. Garis Wallace diambil dari nama Alfred Russel Wallace (1823-1913). Pria berkebangsaan Inggris ini seorang geografis, arkeologis, paleontologis. Garis ini ditarik dari Selat Lombok (Memisahkan Bali dan Lombok) ke atas ke Selat Makassar (Memisahkan Kalimantan dan Sulawesi). Sedangkan Garis Weber diambil dari nama Max Carl Wilhelm Weber (1852-1937).

ADVERTISEMENTS

Pria kelahiran dan besar di Jerman ini adalah dosen di Universitas Utrecht, Belanda. Ia ahli zoologi dan ahli biogeografi. Menurutnya pemisah itu bukan seperti yang disebutkan oleh Wallace, tapi dari Kepulauan Tanimbar terus ke atas yang memisahkan Papua dengan wilayah lainnya. Garis Wallace dan Garis Weber ini sebetulnya sedang menjelaskan perbedaan flora dan fauna yang berbeda di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Di sisi barat berciri Asia, karena di Zaman Es merupakan satu kesatuan daratan dengan Asia. Bentuknya seperti anak benua, mirip anak benua India atau Jazirah Arab. Dikenal sebagai paparan Sunda (Sundaland). Sedangkan di sebelah timur berciri Australasia atau dikenal sebagai paparan Sahul. Namun ada wilayah transisi, yaitu dari Garis Wallace dan Garis Weber tersebut. Bisa dibayangkan kekayaan flora dan fauna yang dimiliki Indonesia.

Berita Lainnya:
Ribuan Wisatawan Ikut Nikmati Festival Durian di Trenggalek

Di barat ada sekitar 25 ribu spesies tumbuhan, di area transisi terdapat 10 ribu spesies tumbuhan, dan di timur terdapat 20 ribu spesies tumbuhan. Karena itu, di dunia, kekayaan flora dan fauna di Indonesia disebut sebagai mega biodiversity. Saking kayanya.

Kekayaan ragam hayati itu bisa menghasilkan turunan yang lebih banyak lagi jika terjadi persilangan maupun mutasi. Persilangan itu bisa dilakukan secara sengaja maupun secara alami. Persilangan secara alami terjadi karena faktor angin maupun karena serangga dan binatang lainnya. Sedangkan persilangan secara sengaja dilakukan oleh manusia.

Persilangan secara sengaja itu dilakukan dengan cara sederhana maupun dengan cara yang lebih rumit. Persilangan secara sengaja sederhana dilakukan dengan cara menempelkan serbuk sari ke putik sari, persis cara kerja angin, serangga, atau binatang lain. Inilah yang dulu dilakukan Gregor Johann Mendel (1822-1884), yang dikenal sebagai bapak genetika. Sedangkan persilangan secara sengaja dengan cara rumit dilakukan dengan teknik kultur jaringan, yaitu suatu metode untuk mengisolasi bagian tanaman seperti sel, jaringan atau organ tanaman untuk dibudidayakan dalam lingkungan terkontrol dan aseptik sehingga bisa tumbuh menjadi tanaman.

Berita Lainnya:
Ekspor Durian ke China Dinilai Makin Potensial

Teknik yang paling rumit adalah dengan plasma nutfah, karena langsung pada sifat keturunan (gen) dari suatu organisme, termasuk tumbuhan. Plasma nutfah adalah suatu molekul yang ada di dalam kromosom, yaitu sel pembawa sifat keturunan. Melalui teknik ini bisa dirakit atau dikembangkan agar tercipta kultivar unggul yang baru. Semua hal itu dikenal sebagai pemuliaan tanaman. Teknik pemuliaan itu telah berkembang demikian pesat dan rumit dengan banyak ragamnya.

Durian, Komoditas Menguntungkan

Seorang pegiat perdurianan, di akun sosmednya, mengeluhkan Malaysia dan Thailand justru lebih menguasai pasar durian di dunia. Pasar Indonesia pun dibanjiri durian Malaysia dan Thailand. Kita sangat akrab dengan durian Malaysia seperti Musangking, Duri Hitam (Black Thorn/Ochee), Udang Merah, dan sebagainya. Kita juga sangat akrab dengan durian Monthong, Kanyao, dan Chanee dari Thailand.

Durian adalah endemik tanaman di Sumatra, Kalimantan, dan Semenanjung Malaya (sebagian wilayah Thailand berada di semenanjung ini). Karena itu, 99 persen produksi durian berasal dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Sebenarnya, berdasarkan catatan Balitbang Kementerian Pertanian, dari 30 spesies durian di dunia, sebagian besar berada di Indonesia. Yaitu 20 ada di Sumatra dan 7 ada di Kalimantan. Dari tiga wilayah itulah tanaman dunia menyebar ke berbagai wilayah.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi