Sabtu, 18/05/2024 - 02:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Cara Perkenalkan Wayang ke Generasi Z dan Milenial

Selalu ada pesan moral melalui karakter-karakter baik dari wayang.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Wayang sebagai kekayaan budaya bangsa harus terus dilestarikan, terutama kepada generasi masa kini. Wayang dapat membentuk moralitas karena keberadaannya terintegrasi dengan realitas kehidupan nyata masyarakat. Generasi masa kini dapat belajar dan menemukan pesan moral melalui karakter-karakter baik dari wayang.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Menyadari kenyataan tersebut, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senantiasa mendukung inisiatif untuk melestarikan wayang, termasuk berbagai upaya mengedukasi generasi muda masa kini mengenal dan belajar dari kekayaan budaya warisan leluhur bangsa Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Dalam rangka memperingati Hari Wayang Nasional ke-4, Sekretariat Nasional Wayang Indonesia (Senawangi) menyelenggarakan Pekan Wayang Nasional. Dalam gelaran tersebut, BCA turut mempersembahkan pagelaran seni drama tari Wayang Srikandi bersama pelajar SMPN 5 dan SMP Mataram, sebagai bentuk sosialisasi dan edukasi wayang kepada generasi muda.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
P4 Jakarta Barat dan Universitas BSI Ajak Peserta Belajar Memproduksi Program Talkshow

Selain itu, BCA juga mendorong munculnya kreasi seni wayang melalui komik strip wayang oleh tiga anak bangsa generasi muda berprestasi, yaitu Nabil Faizal Mahdi (12 tahun) yang merupakan pelajar SDN Malaka Jaya 05 Jakarta;  Luh Dea Raysita Wardani (15), pelajar SMAN 68 Jakarta, dan Gunawan Christanto (27), seorang karyawan swasta.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Pekan Wayang Naional tersebut dimeriahkan juga oleh kehadiran wirausaha kreatif di bidang seni wayang dari desa wisata wayang, yang terletak di Desa Wukirsari, Yogyakarta, salah satu desa binaan pada program Bakti BCA.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Hera F. Haryn selaku Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility BCA mengatakan, BCA senantiasa terlibat dalam aksi nyata melestarikan wayang sebagai kekayaan budaya dan jati diri bangsa.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
10 Juta Gen Z di RI Nganggur: Sekolah Kagak Kerja Kagak, Maunya Apa?

Berbagai inisiatif BCA tersebut antara lain menyasar pada generasi masa kini. BCA terus memperkenalkan dan mengedukasi generasi penerus bangsa untuk mencintai wayang. Dengan mengenal wayang, generasi muda masa kini dapat mendalami budaya bangsa dan menemukan berbagai karakter dan pesan moral yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan nyata.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

“Dalam perjalanan mendukung pelestarian wayang, kami menemukan benang merah yang kuat antara pelestarian wayang dan pendidikan serta pembentukan karakter generasi penerus bangsa. Dengan membawa wayang dalam konteks milenial melalui pemanfaatan sejumlah medium komunikasi masa kini yang didukung oleh inovasi kesenian dan teknologi, generasi muda masa kini dapat belajar dan memahami karakter budaya dan moralitas bangsa ini,” urai Hera.

sumber : siaran pers

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi