Jumat, 17/05/2024 - 14:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

KAI Teken Kontrak Subsidi Kereta Senilai Rp 2,67 Triliun

KAI menerima subsidi dari Kemenhub untuk kereta ekonomi dan perintis.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) menandatangani kontrak kewajiban pelayanan publik (public service obligation/PSO) kereta ekonomi dan subsidi kereta perintis tahun 2023 sebesar Rp 2,67 triliun dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Rinciannya, Rp 2,549 triliun untuk PSO kereta ekonomi dan Rp 124,075 miliar untuk subsidi kereta perintis. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub M Risal Wasal di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Jumat (30/12/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

“KAI siap melaksanakan amanah yang diberikan Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian sesuai kontrak PSO dan Perintis ini,” ujar Didiek Hartantyo dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (31/12/2022).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pesawat Garuda yang Ditumpangi Terbakar di Udara, 450 Jemaah Haji Trauma dan Kepanasan di Kabin

Didiek mengatakan, KAI berkomitmen untuk melaksanakan penugasan itu dengan sebaik-baiknya. KAI akan memberikan pelayanan prima kepada seluruh pelanggan sesuai Standar Pelayanan Minimum yang ditentukan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 63 Tahun 2019.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

KAI juga akan menjalankan penugasan tersebut pada 1 Januari-31 Desember 2023 berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 241 Tahun 2022 tentang Penugasan kepada KAI untuk Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO) Angkutan Orang dengan Kereta Api Kelas Ekonomi Tahun Anggaran 2023.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Didiek menyampaikan, PSO tersebut dialokasikan untuk perjalanan kereta jarak jauh, kereta jarak sedang, kereta Lebaran, kereta jarak dekat/lokal, kereta rel diesel (KRD), KRL Jabodetabek, dan KRL Yogyakarta-Solo. Didiek menambahkan, PSO itu wujud nyata kehadiran pemerintah bagi masyarakat melalui layanan kereta yang terjangkau.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Politisi PDIP Ihsan Yunus Diduga Ikut Proyek Pengadaan APD Covid-19

“Semoga penandatanganan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat untuk membantu mobilitas dengan kereta api yang aman dan nyaman,” kata Didiek.

ADVERTISEMENTS

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal menyampaikan, pihaknya berkomitmen untuk mendorong masyarakat beralih menggunakan transportasi massal, khususnya moda transportasi kereta. “Kami juga berpesan kepada pihak penyelenggara layanan kereta agar dapat betul-betul memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi