Jumat, 17/05/2024 - 07:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

SNBT 2023 Satukan Seleksi untuk Vokasi dan Akademik

Soal ujian akan menitikberatkan pada uji daya nalar dan literasi

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 akan menyatukan seleksi untuk vokasi dan akademik. Di mana, calon mahasiswa dari SMA, SMK, dan MA cukup mendaftar dan mengikuti tes sekali saja dengan pilihan perguruan tinggi berupa politeknik, universitas, institut, dan lain sebagainya.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Yang berbasis tes nantinya itu akan diintegrasi, menyatu, antara yang seleksi vokasi maupun yang akademik. Calon mahasiswa, baik dari SMA, SMK, dan MA itu cukup mendaftar sekali, tes sekali, nanti pilihannya bisa memilih di politeknik, di universitas, institut, dan sebagainya secara terbuka,” ujar Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (10/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

SNBT 2023 juga memiliki tantangan tersendiri bagi para peserta nantinya. Sebab, soal ujian yang akan diberikan kepada para peserta pada SNBT menitikberatkan pada uji daya nalar dan literasi. Untuk itu, penting bagi para peserta untuk memiliki kedua kemampuan tersebut ketika mengikuti seleksi, termasuk bagi para siswa vokasi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Hari Pendidikan, Nadiem Titip Pesan Lanjutkan Semangat Merdeka Belajar

“Tes untuk vokasi, bahwa pendidikan vokasi juga mengembangkan dan memerlukan daya nalar dan literasi,” ujar Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, Anindito Aditomo.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Pria yang biasa disapa Nino itu menerangkan, meski sering dihadapkan pada pembelajaran secara praktik, calon mahasiswa vokasi tetap perlu mempunyai kemampuan nalar dan literasi. Apalagi, kata dia, pada perkuliahan nanti seorang mahasiswa harus memiliki kemampuan analisa yang baik.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Kita seleksi mahasiswa yang bisa menganalisis apa yang mereka baca, mahasiswa vokasi sama dengan begitu juga kan. Kemudian yang kita tes daya nalar dalam menerapkan matematika dasar, ini di vokasi juga sangat penting, tidak hanya akademik,” jelas dia.

ADVERTISEMENTS

Tahapan awal Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) berupa registrasi akun SNPMB bagi sekolah dan siswa sudah resmi berjalan. Di mana, proses registrasi untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) sudah dapat dilakukan pada 9 Januari 2023 lalu sejak pukul 15.00 WIB.

ADVERTISEMENTS

“Diawali dengan registrasi akun SNPMB bagi sekolah dan siswa pada Senin, 9 Januari 2023 di portal SNPMB,” ujar Ketua Umum SNMPB 2023, Mochamad Ashari.

Berita Lainnya:
Mahasiswa Protes Kuliah Mahal, PTN-BH Diminta Terbuka dan tak Sembarangan Tentukan UKT

Dia menerangkan, registrasi akun SNPMB bagi sekolah akan berakhir pada 9 Februari 2-23. Sementara itu, masa pendaftaran registrasi akun SNPMB yang diperuntukkan khusus bagi siswa lulusan 2023 yang akan mengikuti SNBP akan berakhir pada 15 Februari 2023.

“Bagi peserta yang akan mendaftar SNBT, registrasi akun SNPMB dapat dilakukan pada 14-28 Februari 2023,” terang Ashari.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi