IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Baznas Luncurkan Unit Usaha Z-Coffee, Baristanya Santripreneur

Baznas Luncurkan Unit Usaha Z-Coffee, Baristanya Santripreneur

Baznas ingin mengubah mustahik atau yang berhak menerima zakat menjadi muzaki

 JAKARTA — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan program unit usaha Z-Coffee untuk para mustahik. Melalui program Z-Coffee, Baznas ingin mengubah mustahik atau yang berhak menerima zakat menjadi muzaki atau orang yang memenuhi syarat membayar zakat.

Pimpinan Baznas, Saidah Sakwan, mengatakan, Baznas merilis Z-Coffee. Z-Coffee adalah unit usaha yang dikembangkan oleh para inovator di Baznas. Z-Coffee adalah unit hilir yang dikembangkan oleh Baznas yang berbasis pada produk hulu. 

“Jadi Baznas punya binaan petani-petani kopi, kami punya banyak produk kopi dari petani-petani, itu ada di hulunya,” kata Saidah kepada Republika saat Peluncuran Z-Coffee di Kantor Baznas RI, Rabu (11/1/2023).

Ia menyampaikan, Baznas ingin produk di hulu ini bisa memberikan manfaat di hilir. Baik usaha yang di hulu maupun di hilir, semuanya dikelola oleh teman-teman mustahik. Baznas mengembangkan standarisasinya, inovasinya dan holdingnya dipegang oleh Baznas. 

BACAAN LAIN:
Ratusan Orang di Pamekasan Unjuk Rasa Kecam Pembakaran Alquran

Tetapi semua unit usaha dikelola dan dimanfaatkan oleh teman-teman mustahik. Selanjutnya, Z-Coffee akan diposisikan di kampus-kampus, dan akan dikelola oleh barista alumni Santripreneur. Baznas punya program Santripreneur. Jadi dalam program Z-Coffee ada kolaborasi. Insya Allah, Baznas akan juga berkolaborasi dengan kampus-kampus untuk memposisikan usaha Z-Coffee di kampus-kampus.

“Jadi ini bentuk pemberdayaan integrasi hulu sampai hilir, kita akan memberdayakan petani kopi dan menciptakan pengusaha baru kopi, kita dedikasikan, kita persembahkan untuk menjaga kepercayaan muzaki bahwa dana yang dititipkan muzaki ke Baznas digunakan untuk membuat muzaki baru, Insya Allah pengusaha Z-Coffee diorientasikan menjadi muzaki baru,” ujar Saidah.

BACAAN LAIN:
Muslim Leeds Butuh Lebih Banyak Ruang Pemakaman Khusus

Peluncuran Cafe Z-Coffee merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun Baznas ke-22 yang diselenggarakan di kantor Baznas RI. Ketua Baznas RI, Prof KH Noor Achmad bersyukur, dengan hadirnya Z-Coffee diharapkan bisa menjadi salah satu upaya Baznas dalam meningkatkan pendapatan petani kopi.

“Diharapkan dengan hadirnya Z-Coffee ini juga dapat mengatasi kemiskinan dan pengangguran dengan menyediakan lapangan kerja baru,” ujar Kiai Noor.

Ia menyampaikan bahwa beberapa outlet dan cafe Z-Coffee sudah dibangun sebagai projek percontohan. Salah satu cafe Z-Coffee berada di kantor Baznas RI. Ini akan menguatkan nilai tawar dan informsi produk mustahik binaan Baznas.

“Nanti cafe Z-Coffee ini akan menjual berbagai kopi dan produk lainnya dari mustahik binaan Baznas kepada seluruh amil dan tamu yang berkunjung ke Baznas,” jelasnya.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Baznas Luncurkan Unit Usaha Z-Coffee, Baristanya Santripreneur
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!