Jumat, 14/06/2024 - 19:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Gen Z China Pesimistis Terhadap Pemerintah

62 persen Gen Z China khawatir tentang keamanan pekerjaan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

BEIJING — Akhir pekan pertama setelah pembatasan Covid-19 berakhir pada Desember lalu, puluhan pemuda China berdesak-desakan di sebuah konser heavy-metal yang digelar di tempat musik kecil di Shanghai. Itu adalah jenis kebebasan yang dituntut oleh pemuda China pada akhir November dalam protes terhadap kebijakan zero-Covid.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Generasi Z China, atau mereka yang lahir antara tahun 1995 dan 2010, telah menemukan suara politik baru. Mereka menolak stereotipe sebagai pejuang nasionalis atau apolitis. Hal ini memberikan tantangan bagi pemerintahan Presiden Xi Jinping yang baru saja memulai masa jabatan ketiga.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Meningkatkan mata pencaharian kaum muda tanpa meninggalkan model pertumbuhan berbasis ekspor menimbulkan konflik inheren bagi pemerintah yang mengutamakan stabilitas sosial. Survei menunjukkan, Generasi Z adalah yang paling pesimis dari semua kelompok umur di China. Para analis mengatakan, rintangan yang dihadapi pemuda China dalam mencapai standar hidup yang lebih baik akan lebih sulit diatasi.

“Ketika jalan di depan para pemuda semakin sempit dan sulit, harapan mereka untuk masa depan menguap,” kata Wu Qiang, mantan dosen politik di Universitas Tsinghua yang kini menjadi komentator independen di Beijing. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Wu mengatakan, kaum muda tidak lagi memiliki “kepercayaan buta dan sanjungan” terhadap para pemimpin China. Bahkan, beberapa pemuda China yang berbicara kepada Reuters mengungkapkan rasa frustrasinya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Viral Warga Israel Menginjak-injak Ratusan Kardus Mie Instan Indonesia untuk Bantuan Kemanusiaan Palestina
ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

“Jika mereka tidak mengubah kebijakan, maka akan lebih banyak orang yang protes, jadi mereka harus berubah,” kata Alex (26 tahun), yang menolak menyebutkan nama belakangnya karena takut akan ada pembalasan dari pihak berwenang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

“Tapi saya rasa anak muda tidak akan kembali berpikir bahwa tidak ada hal buruk yang pernah terjadi di China,” tambah Alex.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Kaum muda, terutama di perkotaan, seringkali berada di garis depan protes secara global. Sebagai contoh, mahasiswa memimpin pemberontakan pro-demokrasi terbesar di China pada 1989, yang dihancurkan oleh Beijing dalam tindakan keras militer. Tetapi beberapa analis mengatakan, Gen Z China memiliki karakteristiknya sendiri yang menghadirkan dilema bagi Xi.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa pengguna media sosial muda China telah menarik perhatian internasional karena keganasan mereka dalam menyerang pandangan kritis tentang China secara online, termasuk kebijakan zero-Covid.  Mereka kemudian dikenal sebagai “little pinks”, sebuah istilah yang terkait dengan warna situs web nasionalis. Hal ini kemudian menarik perbandingan dengan sebutan “wolf warrior” yang disematkan bagi para diplomat China, dan Pengawal Merah Revolusi Kebudayaan Mao Zedong. 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard
Berita Lainnya:
Menteri-Menteri Luar Negeri Uni Eropa Bahas Kemungkinan Sanksi ke Israel

Dengan ekonomi yang melambat di bawah beban pembatasan pandemi, tren tandingan muncul, tetapi tidak sepenuhnya dari tipe liberal yang mendorong pertumbuhan nasionalisme di Barat.  Banyak anak muda China telah memilih untuk “lie flat”, sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang mengadopsi gaya hidup minimalis dan melakukan apa saja untuk bertahan hidup.

Sebuah survei terhadap 4.000 orang China oleh konsultan Oliver Wyman menemukan bahwa, Gen Z punya pandangan paling negatif tentang prospek ekonomi China dari semua kelompok umur. Menurut survei Wyman yang dilakukan pada Oktober dan dirilis pada Desember, sekitar 62 persen Gen Z China khawatir tentang keamanan pekerjaan. Sementara 56 persen khawatir tentang prospek gaya hidup yang lebih baik.

Di Amerika Serikat, penelitian yang dirilis pada Oktober menunjukkan, 45 persen anak usia 18 hingga 24 tahun mengkhawatirkan stabilitas pekerjaan. Tetapi menurut survei McKinsey, mereka memiliki persepsi peluang ekonomi masa depan lebih baik daripada semua kelompok umur, kecuali mereka yang berusia 25-34 tahun.

Pada 2015, studi Pew Research Center menemukan tujuh dari 10 orang China yang lahir pada akhir 1980-an merasa positif tentang situasi ekonomi mereka.  Sebanyak 96 persen merasa standar hidup mereka lebih baik daripada orang tua mereka pada usia yang sama.

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

أَوْ كَصَيِّبٍ مِّنَ السَّمَاءِ فِيهِ ظُلُمَاتٌ وَرَعْدٌ وَبَرْقٌ يَجْعَلُونَ أَصَابِعَهُمْ فِي آذَانِهِم مِّنَ الصَّوَاعِقِ حَذَرَ الْمَوْتِ ۚ وَاللَّهُ مُحِيطٌ بِالْكَافِرِينَ البقرة [19] Listen
Or [it is] like a rainstorm from the sky within which is darkness, thunder and lightning. They put their fingers in their ears against the thunderclaps in dread of death. But Allah is encompassing of the disbelievers. Al-Baqarah ( The Cow ) [19] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi