Selasa, 07/05/2024 - 00:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

MUI Bogor Luncurkan Gerakan Literasi Digital

ADVERTISEMENTS

Arus informasi yang dinamis perlu diimbangi dengan pemahaman tentang dunia digital.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

KABUPATEN BOGOR — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat melalui Lembaga Pengkajian Keagamaan dan Pemberdayaan Umat (LPKPU) meluncurkan Gerakan Literasi Digital.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Ketua LPKPU MUI Kabupaten Bogor Ahmad Zulfiqor saat peluncuran Gerakan Literasi Digital di SMK Pertiwi, Cibungbulang, Bogor menjelaskan semakin pesatnya perkembangan teknologi digital membuat arus informasi menjadi dinamis. Kondisi itu, kata dia, perlu diimbangi dengan upaya memberikan pemahaman kepada para penggunanya yang mayoritas adalah kaum milenial.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Pemahaman ini perlu sehingga mereka bijak dalam memanfaatkan teknologi digital. “Kami merasa perlu memberikan edukasi, karena semakin majunya zaman, sosial media akan berevolusi dengan kecanggihannya,” kata Zulfiqor, Jumat (3/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Batas Waktu Puasa Syawal 2024

Pegiat Gerakan Literasi Digital Aep Saepudin Muhtar yang menjadi pemateri kepada ratusan siswa SMK Pertiwi, menerangkan banyak tujuan yang harus dicapai melalui gerakan tersebut, salah satunya yaitu menangkal berita bohong alias hoax. Pria yang akrab disapa Gus Udin itu menyebutkan momentum Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang juga menjadi kekhawatiran atas informasi hoax, bercermin pada Pemilu 2019.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Itu pelajaran berharga dari Pemilu tahun 2019. Bahkan Pilpres Amerika Serikat dan Pilpres Prancis juga banyak disisipi aksi penyebaran hoax,” ujar Gus Udin yang juga dosen di Universitas Djuanda.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Tiga Hadits Ini Gambarkan Teladan Nabi Muhammad SAW Sehari-hari

Ia berharap, Gerakan Literasi Digital dapat mencerdaskan masyarakat dalam menggunakan ruang digital, sehingga mengurangi potensi polarisasi seperti yang terjadi pada Pemilu lalu. Indeks literasi digital nasional pada 2022 meningkat 0,05 poin menjadi 3,54 dari capaian indeks di tahun 2021 sebesar 3.49, demikian berdasarkan hasil survei Indeks Literasi Digital 2022.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Survei tersebut digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Katadata Insight Center (KIC). “Alhamdulillah (indeks literasi digital 2022) naik menjadi 3,54,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam peluncuran Indeks Literasi Digital 2022.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi