Sabtu, 27/07/2024 - 12:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Pacu Kewirausahaan Perempuan, Kementan Gelar Workshop GESI di Banjarmasin

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

 BANJARMASIN — Kementerian Pertanian ri melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) terus bergerak menumbuhkembangkan petani milenial.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menekankan pentingnya peran petani milenial dalam rangka pembangunan pertanian masa depan. Menurutnya, di era digital saat ini semakin mendorong percepatan pembangunan pertanian Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Kementan berupaya mengubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan, terlebih di tengah pandemi saat ini. “Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran.” jelas Mentan Syahrul.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Dedi Nursyamsi selaku Kepala BPPSDMP juga menegaskan bahwa pertanian harus didukung kalangan milenial sebagai generasi muda. “Mendukung upaya pemerintah melakukan regenerasi petani sekaligus melahirkan pengusaha muda pertanian yang berdampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat pertanian Indonesia,” tegas Dedi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Dedi menyampaikan, hingga 2024, pihaknya menarget mencetak 2,5 juta petani milenial. Sejak saat ini proses penumbuhan petani milenial itu terus dilakukan. Berkolaborasi dengan Duta Petani Milenial/Duta Petani Andalan (DPM/DPA), Dedi menegaskan kualitas dan kuantitas petani milenial terus digenjot.

Berita Lainnya:
FAO dan Kementan Bersinergi Tangani Penyakit Zoonosis
ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Salah satu komitmen pemerintah dalam memfasilitasi tumbuh kembang generasi milenial di Indonesia adalah dengan hadirnya program Youth Entrepreneurship Employment and Support Services (YESS) yang merupakan kerjasama antara Kementan dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD).

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Dalam upaya menfasilitasi petani muda di Kalimantan Selatan (Kalsel), Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK-PPN) Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Provinsi Kalsel mengadakan Workshop Gender Equality and Social Inclusion (GESI), Sabtu (25/2).

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Selama 2 hari peserta diberikan materi dari tim PPIU Kalsel, dilanjutkan Heira K selaku Konsultan Gesi Program Yess, Gusnanda dari Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, Adhi Maulana dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, dan Nur Mahya dari DPP IWAPI Kalimantan Selatan.

Adapun materi yang di dapat berupa Capaian GESI PPIU Kalimantan Selatan, Potret Masyarakat Miskin Kalimantan Selatan dan Fasilitas untuk Disabilitas, Dampak Aktivitas Pertanian terhadap Lingkungan dan Perizinan Lingkungan, Peran Pemberdayaan IWAPI terhadap Kewirausahaan Perempuan, dan FGD Identifikasi, Perencanaan Pelaksanaan dan Evaluasi GESI Program YESS Kalimantan Selatan.

Berita Lainnya:
5 Jenis Baju yang Sebaiknya Cuci Laundry Saja, Pakai BRImo di 5asec Lebih Hemat

Hadir dan membuka workshop, Kepala SMK-PP N Banjarbaru, Budi Santoso mengatakan, program YESS ini untuk semua pemuda dan pemudi dan juga yang berkebutuhan khusus, menjangkau ke seluruh pelosok di 3 wilayah Program Yess di Kalimantan Selatan.

“Mudah-mudahan dari pelosok tadi ada yang muncul menjadi pengusaha pertanian yang sukses sehingga nantinya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut”, pungkas Budi.

Ditambahkan oleh Project Manajer PPIU Kalsel, Angga Tri Aditia Permana menyampaikan betapa Program YESS konsen untuk regenerasi petani,  mudah-mudahan Program Yess ini bisa di optimalkan untuk memberikan bantuan pemberdayaan kepada lokus-lokus di ranah sesi ini.

Workshop ini sendiri dihadiri oleh fasilitator muda, mobilizer, penerima Hibah Kompetitif, BDSP, DIT, Bappeda, dan Dinas Terkait dari 3 kabupaten Program YESS di Kalimantan Selatan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

فَلَمَّا جَاوَزَا قَالَ لِفَتَاهُ آتِنَا غَدَاءَنَا لَقَدْ لَقِينَا مِن سَفَرِنَا هَٰذَا نَصَبًا الكهف [62] Listen
So when they had passed beyond it, [Moses] said to his boy, "Bring us our morning meal. We have certainly suffered in this, our journey, [much] fatigue." Al-Kahf ( The Cave ) [62] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi