Rabu, 28/02/2024 - 23:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

SMF Piloting Skema RTO, Penuhi Kebutuhan Perumahan Masyarakat

ADVERTISEMENTS

Pekerja menyelesaikan pembangunan rumah bersubsidi di Kawasan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/2/2023). SMF sedang melakukan piloting menyalurkan pembiayaan rumah dengan skema Rent to Own (RTO) untuk memenuhi kebutuhan perumahan masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

 JAKARTA — Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) Heliantopo mengatakan SMF sedang melakukan piloting menyalurkan pembiayaan rumah dengan skema Rent to Own (RTO) untuk memenuhi kebutuhan perumahan masyarakat. Dengan skema tersebut, masyarakat dapat menyewa suatu rumah terlebih dahulu, baru kemudian melakukan proses balik nama untuk memiliki rumah tersebut.

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

“Jadi misalnya sewa, lalu pada akhir tahun ke-15, rumahnya dibalik nama. Ini salah satu skema yang bisa membantu masyarakat non fixed income memiliki rumah,” katanya dalam konferensi pers di Kantor SMF, Jakarta, Selasa (7/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj
Berita Lainnya:
Kemenkop Nyatakan, Koperasi Bisa Jadi Motor Pendirian Bank Sampah

Skema tersebut direncanakan untuk membidik masyarakat berpenghasilan tidak tetap yang ingin memiliki rumah, tetapi kesulitan mengusulkan KPR. Sumber dana berasal dari SMF di perbankan karena tidak memiliki slip gaji.

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional

“Piloting tahun ini, sesegera mungkin, mungkin semester I 2023. Cuma memang ada banyak faktor yang perlu dilihat, misalnya appetite lembaga keuangan dan masyarakat,” katanya.

ADVERTISEMENTS

Di samping itu, saat ini SMF juga mulai berencana menerbitkan green bond untuk membiayai Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang juga hijau. “Jadi ketika kita menerbitkan surat utang atau obligasi hijau, kita memerlukan underlying yang juga hijau. Jadi kita perlu membuat KPR-KPR atau pembiayaan-pembiayaan yang hijau terlebih dahulu,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
Berita Lainnya:
Bapanas: Mulai Hari Ini Bantuan Pangan Beras Kembali Dilanjutkan   
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

Menurut dia, penerbitan surat utang yang disalurkan untuk pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pemilikan Perumahan (FLPP) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sebetulnya sudah bisa disebut sebagai surat utang hijau. Tapi saat ini, pemerintah masih belum memiliki aturan penamaannya.

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh

“Kalau nanti sudah ada aturannya, semoga kita bisa mengajukan bahwa social bond itu bagian dari green bond. Jadi kita sudah mulai mengarah ke sana,” ucapnya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Apa jurus andalan kamu supaya nggak gampang sakit

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi