Rabu, 29/05/2024 - 05:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

MIND ID-Kementerian Investasi Siapkan Strategi Aselerasi Program Hilirisasi

 JAKARTA — Deputi Hilirisasi Investasi Strategis Kementerian Investasi, Heldy Satrya, menjelaskan, hilirisasi menjadi agenda prioritas nasional. Dia menyebutkan, salah satu keberhasilan hilirisasi nikel yang sudah terwujud adalah peningkatan nilai ekspor dari tahun 2017 mencapai 3 miliar dolar AS dan pada tahun 2022 meningkat menjadi 29 miliar dolar AS.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Kementerian Investasi telah membuat roadmap hilirisasi investasi strategis sebagai bentuk tindak lanjut arahan Presiden RI, setidaknya terdapat tiga tahapan,” ujar Heldy dalam kegiatan MINDialogue di Jakarta, Kamis (16/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Heldy menjelaskan, ketiga tahapan itu, yakni menetapkan 21 komoditas dari delapan sektor strategis; membuat profil sektor hulu dan hilir, prospek, strategi, dan program hilirisasi; dan roadmap hilirisasi: industri sasara dan kebutuhan investasi, kebijakan strategis, dampak ekonomi.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Freeport Diminta Tuntaskan Syarat Mekanis Smelter untuk Relaksasi Ekspor

Melihat tren prioritas investasi berdasarkan sektornya selama empat tahun kebelakang, kata dia, sektor industri logam dasar dan barang logam mengalami peningkatan. Di mana pada 2019 sebesar Rp 61,6 triliun, 2020 sebesar Rp 94,8 triliun, 2021 sebesar Rp 117,5 triliun, sedangkan pada Tahun 2022 meningkat menjadi sebesar Rp 171,2 triliun.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Hal itu juga di ikuti nilai investasi sektor pertambangan pada tahun 2022 mencapai Rp 136,4 triliun. Melihat jauh kedepan proyeksi kebutuhan investasi sampai dengan 2040 Sektor Minerba mencapa 431,8 miliar dolar AS dan tergolong kedalam delapan sektor prioritas,” kata dia.

Berita Lainnya:
Eks KSAU Fadjar Prasetyo Diangkat Jadi Komut PT Garuda Indonesia Tbk

Semua itu dia sampaikan pada acara yang mengangkat tema ‘Outlook Industri Pertambangan: Strategi Ekspansif dalam Menghadapi Industri Pertambangan Global 2023’. Kegiatan itu diharapkan dapat membuka jalur komunikasi dan membuka peta pengembangan hilirisasi khususnya di industri pertambangan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sebagai BUMN Holding Industri Pertambangan, MIND ID terus mendorong dan mendukung kebijakan pemerintah dalam mempercepat proses hilirisasi, khususnya pada komoditas mineral dan batubara. Sejalan dengan mandat pemerintah ketika membentuk MIND ID, yaitu untuk dapat mengelola sumber daya alam terintegrasi untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan yang lebih cerah.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi