Para Warga Tanjungbalai Sumut Antusias Ikuti Cooking Class Kuliner Ramadhan Khas Melayu

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
ADVERTISEMENTS

Kelompok srikandi di Sumut menggelar cooking class membuat masakan ramadan khas Melayu yaitu bubur Podas. Kegiatan ini digelar dengan komunitas Pengopek Kerang (Perang) di Jalan Pelabuhan, Kelurahan Perjuangan, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Sumatra Utara.

ADVERTISEMENTS

 TANJUNGBALAI —  Kelompok srikandi di Sumut menggelar cooking class membuat masakan ramadan khas Melayu yaitu bubur Podas. Kegiatan ini digelar dengan komunitas Pengopek Kerang (Perang) di Jalan Pelabuhan, Kelurahan Perjuangan, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Sumatra Utara.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Korwil kelompok tersebut, Firda Annisa Sirait menjelaskan bubur podas atau bubur pedas adalah salah satu kuliner tradisional masyarakat Sumut.

ADVERTISEMENTS
ADVETISEMENTS

Bubur podas atau bubur pedas atau Bubur Podas, makanan ini merupakan kuliner kebanggaan masyarakat Melayu pada umumnya. Namun, menurut dia, saat ini masih banyak yang belum mengetahui cara membuat bubur podas.

ADVERTISEMENTS

Pada proses pembuatan Bubur Podas ini ada lebih kurang 40 jenis bahan yang harus disiapkan mulai dari bumbu rempah, kelapa, beras, aneka sayuran, aneka lauk hingga dedaunan.

ADVERTISEMENTS

“Hal itu juga yang menjadi ciri khas dan kesulitan tersendiri dari belajar membuat bubur podas ini, selain memiliki bahan yang banyak, cara proses pembuatannya juga terbilang lama. Namun, usaha untuk membuat masakan ini sebanding dengan kelezatan yang dihasilkan,” sambungnya.

ADVERTISEMENTS

Diharapkan makanan ini bisa populer kembali di bulan puasa dan bisa dijadikan sebagai bisnis usaha musiman yang menjanjikan untuk ditekuni.

ADVETISEMENTS

Meta, salah satu warga yang mengikuti cooking class itu mengaku sangat senang karena mendapat ilmu baru dalam hal memasak.

“Biasanya kita hanya makan, sekarang jadi tahu cara membuatnya juga. Bubur ini sudah cukup terkenal di sini,” ujar Meta.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version