Jumat, 21/06/2024 - 04:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Pertumbuhan Ekonomi di Kawasan GCC Diprediksi Melambat 3,5 Persen Pada 2023

Kesibukan di pelabuhan peti kemas di Arab Saudi (ilustrasi). Berdasarkan laporan S&P Global Market Intelligence, pertumbuhan produk domestik bruto riil di wilayah Gulf Cooperation Council (GCC) akan moderat dari perkiraan 7,6 persen pada 2022 menjadi 3,5 persen pada 2023.

ADVERTISMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh

JAKARTA — Berdasarkan laporan S&P Global Market Intelligence, pertumbuhan produk domestik bruto riil di wilayah Gulf Cooperation Council (GCC) akan moderat dari perkiraan 7,6 persen pada 2022 menjadi 3,5 persen pada 2023.

ADVERTISMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah. Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Seperti dilansir dari laman Zawya, Kamis (30/3/2023), penurunan ini diperkirakan lebih disebabkan oleh produksi minyak yang lebih rendah dan permintaan global yang lebih lemah pada momentum aktivitas ekonomi nonhidrokarbon. Alasan itu lebih kuat dibandingkan sentimen kondisi keuangan yang lebih ketat oleh bank sentral regional yang terimbas kebijakan perbankan Amerika Serikat. 

ADVERTISMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji kepada para Calon Haji Provinsi Aceh dari Bank Aceh Indonesia
Berita Lainnya:
Dirut Tegaskan Emas yang Diproses Antam Semua Asli

Pengetatan moneter kemungkinan akan mengurangi tekanan inflasi yang berkepanjangan di wilayah GCC dan mendukung profitabilitas bank-bank GCC. Penyedia intelijen menambahkan tidak memperkirakan bank terpengaruh secara material oleh ketidakpastian di pasar keuangan global.

ADVERTISMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Ekonom S&P Global Market Intelligence Jamil Nayeem mengatakan setidaknya akan ada satu kenaikan suku bunga lagi dari Fed AS akhir tahun ini. Hal ini tergantung pada sejauh mana gejolak baru-baru ini memengaruhi pertumbuhan, lapangan kerja, dan inflasi.

ADVERTISMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda. Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

ADVERTISMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Penghargaan Digital Goverment Award (DGA) Summit 2024

“Kami percaya bahwa kami belum melihat kenaikan suku bunga terakhir dari bank sentral sekitar GCC,” ujar Nayeem.

Meskipun rata-rata inflasi di GCC kemungkinan akan tetap di atas tren jangka panjang pada 2023, tapi akan terus menurun menjadi 2,3 persen pada 2024.

ADVERTISMENTS
Bayar Jalan Tol dengan menggunakan Pengcard
Berita Lainnya:
Pengamat: Izin Kelola Tambang untuk Ormas Keagamaan Menyalahi UU Minerba

“Kami perkirakan rata-rata pertumbuhan indeks harga konsumen tahunan di wilayah GCC akan menurun dari sekitar 3,6 persen pada 2022 menjadi tiga persen pada 2023 karena harga komoditas global yang lebih rendah dari tahun ke tahun, secara bertahap meredanya kekhawatiran gangguan rantai pasokan, dan suku bunga domestik yang lebih tinggi,” ucapnya.

Sementara itu, kenaikan suku bunga terbaru akan terus mendukung profitabilitas sektor perbankan kawasan GCC karena selisih suku bunga pinjaman-ke-deposito meningkat. Hal ini mendukung pendapatan bunga bersih, sektor perbankan dengan proporsi yang lebih tinggi dari simpanan bank syariah tanpa bunga, seperti Arab Saudi, akan lebih diuntungkan dari kenaikan suku bunga, catat laporan tersebut.

 

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

قَالَ أَلَمْ أَقُلْ إِنَّكَ لَن تَسْتَطِيعَ مَعِيَ صَبْرًا الكهف [72] Listen
[Al-Khidh r] said, "Did I not say that with me you would never be able to have patience?" Al-Kahf ( The Cave ) [72] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi