Minggu, 25/02/2024 - 07:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Wakil Ketua MPR Ingatkan Pemerintah Antisipasi Kemacetan Arus Mudik

ADVERTISEMENT

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat memberikan paparan dalam diskusi secara daring di Jakarta, Rabu (12/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

JAKARTA–Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat menilai mudik tahun 2023 menjadi kesempatan pemerintah untuk memberi pelayanan maksimal pada masyarakat. Menurutnya, akan terjadi lonjakan pemudik pada Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

ADVERTISEMENT
Hari Pers Nasional

“Peristiwa mudik ini merupakan kesempatan bagi negara untuk hadir dalam memberi pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” kata Lestari Moerdijat, dalam keterangan, Rabu (12/4/2023).

ADVERTISEMENT

Menurut Ririe, sapaan Lestari Moerdijat, peningkatan jumlah pemudik tahun ini yang diperkirakan 123,8 juta dari 85 juta pemudik tahun lalu. Ia menegaskan, lonjakan pemudik harus diantisipasi dengan perencanaan dan strategi yang matang.

ADVERTISEMENT
KUR Syariah Bank Aceh

Rerie berharap pemerintah harus bisa memastikan arus mudik berjalan lancar. Pemerintah juga diminta mengantisipasi kemacetan dan sedapat mungkin memberi bantuan bagi yang mengalami kesulitan selama perjalanan. Anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem menegaskan, mudik bukan sekadar pergerakan jutaan massa untuk mempererat silaturahim setiap anak bangsa dari dan ke sejumlah daerah di Tanah Air.

ADVERTISEMENT
Bayar Tol dengan Pengcard
Berita Lainnya:
Relawan Anies-Muhaimin Bawa Bekal 10 Ribu Telur Asin ke Kampanye Akbar di JIS

 

ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

Lebih dari itu, mudik berdampak signifikan bagi pertumbuhan sektor ekonomi daerah. Ririe menyarankan ada sinergi dan kerja sama seluruh elemen demi menciptakan arus mudik dan balik yang aman dan menyenangkan bagi masyarakat.

Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengaku pihaknya sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk memerlancar arus mudik. Beberapa strateginya, antara lain, menyiapkan rekayasa lalu lintas mulai pemberlakuan contra flow, one way, dan ganjil-genap di sejumlah ruas tol.

Berita Lainnya:
MenKop UKM Apresiasi Penyusunan PUG-KOPIN untuk Perbaikan Koperasi

Rekayasa diterapkan pembatasan pengoperasian angkutan jalan bersumbu tiga ke atas, yang kecepatannya sangat rendah. Sejumlah rekayasa lalu lintas itu, tambah Aan, akan diterapkan di ruas tol Jakarta-Cikampek dan Cipali.

Selain di jalan tol, pengaturan lalu lintas juga diberlakukan di jalan arteri. Terutama untuk pemudik dengan kendaraan roda dua yang diperkirakan akan mencapai 23 juta. Titik simpul mudik yang tahun ini menjadi perhatian Pemerintah, ujar dia, adalah Pelabuhan Merak.

Diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada Jumat (21/4/2023) dan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Selasa (25/4/2023). Puncak arus balik ke-2 pada 30 April dan 1 Mei 2023.

Sudah Beralih ke Motor Listrik? Merek Apa yang Sudah Nangkring di Garasi Kamu?

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENT

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi