Sabtu, 18/05/2024 - 23:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pergerakan Kendaraan Pemudik Menuju Jateng Melonjak 60 Persen

SEMARANG—Memasuki H-6 hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah (Lebaran 2023) pergerakan kendaraan bermotor di ruas tol yang ada di wilayah Jawa Tengah terus mengalami lonjakan volume. Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah mencatat, volume kendaraan bemotor yang masuk ke Jawa Tengah melalui gate (gerbang) tol sampai dengan Ahad (16/4/2023) ini telah melonjak hingga 60 persen.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Jumlah ini terhitung sejak H-7 Lebaran (Sabtu 15 April 2023) kemarin hingga hari ini,” ungkap Direktur lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Suryo, di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Ahad (16/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Jika dibandingkan dengan H-7 hingga H-6 Lebaran tahun 2022 lalu, kenaikan volume kendaraan di ruas tol yang ada di wilayah Jawa Tengah ini sudah mengalami lonjakan hingga 42 persen. Terkait kondisi ini, Dirlantas Polda Jawa Tengah mengatakan, memang volume pegerakan kendaraan bermotor menuju Jawa Tengah, pada arus mudik Lebaran tahun 2023 ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
808 Ribu Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabodetabek

Terlebih saat ini belum memasuki masa prediksi puncak arus mudik Lebaran di Jawa Tengah, yang diperkirakan bakal berlangsung pada tanggal 18 dan 19 April 2023 nanti. Terkait dengan rencana pemberlakuan rekayasa ‘satu arah’ di uas tol Trans Jawa yang ada di wilayah Jawa Tengah, Agus Suryo menegaskan akan diberlakukan pada saat puncak pergerakan jumlah kendaraan menuju Jawa Tengah.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Jadi untuk rekayasa one way akan dilaksanakan mulai tanggal 18 April 2023 nanti, menyesuaikan instruksi dari pusat,” tegasnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lapangan, pergerakan dan volume kendaraan bermotor mulai didominasi arah ke Solo di ruas tol Semarang-Solo, sepanjang Ahad siang. Namun demikian kondisi lalu lintas di ruas tol ini terpantau ramai lancar dan tidak terpantau adanya kepadatan yang menyebabkan arus lalu lintas mengalami perlambatan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Polda Sulut Sebut Brigadir RA Jadi Ajudan Pengusaha di Jakarta Sejak 2021

Sebelumnya, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi memprediksi, puncak arus mudik Lebaran tahun 2023 ini akan terjadi pada 18 dan 19 April. Pada puncak arus mudik tersebut, jumlah kendaraan bermotor yang melintas di GT Kalikangkung bakal mencapai 3.000 kendaraan bermotor setiap  jam.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Sementara guna mengamankan pelaksanaan arus mudik/ balik Lebaran tahun ini, Polda jawa Tengah sudah menyiagakan sedikitnya 253 pos pelayanan dan pos pengamanan dan telah efektif beroperasi sejak akhir ppekan (H-7 Lebaran) kemarin,” tegas kapolda.

ADVERTISEMENTS

Sudah Beralih ke Motor Listrik? Merek Apa yang Sudah Nangkring di Garasi Kamu?

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi