Kamis, 30/05/2024 - 00:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Ingin Jadi Technopreneur? Yuk, Kuliah di Universitas Siber Indonesia

  JAKARTA — Teknologi dan dunia digital saat ini bukan hanya menjadi pelengkap, namun juga sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia yang serba modern. Semua aspek kehidupan saat ini berhubungan dengan teknologi, hal ini tentu akan  mendorong bidang entrepreneur untuk terus berinovasi dan bergerak menjadi Technopreneur. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Technopreneur adalah seseorang yang memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir untuk dioptimalkan sebagai basis dalam mengembangkan pengembangan usaha atau jika ingin disederhanakan technopreneur merupakan  orang yang mengelola dan mendirikan usaha menggunakan basis teknologi. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Contoh nyata dari technopreneur sejati adalah sosok pendiri Google, Facebook, Alibaba, pendiri Gojek dan berbagai perusahaan teknologi terkemuka dunia lainnya. Beberapa contoh technopreneurship di Indonesia, yaitu Gojek, Tokopedia, Ruangguru, Bukalapak, dan Traveloka.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Sementara itu, Technopreneurship merupakan gabungan dari kata technology dan entrepreneur yang memiliki arti sebagai bisnis atau usaha yang berbasis teknologi. Sehingga tak hanya keahlian dalam berbisnis dan berwirausaha tetapi pengetahuan akan teknologi yang berkembang juga dibutuhkan. 

Istilah technopreneurship lebih sering dikenal dan semakin populer saat perkembangan teknologi seperti internet dan handphone yang semakin luas. Orang yang berkecimpung dalam technopreneurship disebut dengan technopreneur. Namun tentu untuk menjadi seorang technopreneur dibutuhkan ilmu dan skill yang berhubungan dengan hal tersebut. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Berikut jurusan kuliah yang cocok bagi kamu yang ingin menjadi seorang technopreneur:

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

1. Jurusan Teknologi Informasi

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Jurusan Teknologi Informasi atau TI menjadi salah satu jurusan dengan popularitas yang terus meningkat. Banyak orang yang menyamakan Jurusan TI ini dengan jurusan lain seperti Sistem Informasi dan Teknik Informatika.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

2. Jurusan Sistem Informasi

ADVERTISEMENTS

Sistem Informasi juga merupakan jurusan yang masih jadi favorit generasi muda. Sebab, jurusan ini mampu menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang teknologi informasi, sehingga mampu menjadi seorang technopreneur.

Berita Lainnya:
Ada Beasiswa Kuliah Untuk Youtuber dan Konten Kreator di Kampus Ini, Yuk Kepoin!

3. Jurusan Manajemen

Manajemen sendiri secara umum dipahami sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dalam rangka mencapai suatu tujuan. Manajemen merupakan cara atau metode yang digunakan untuk mengelola suatu organisasi – di bidang Ekonomi, khususnya dari perusahaan. Generasi muda yang fokus mempelajari ilmu manajemen akan sangat mudah mengelola suatu organisasi, dan layak menjadi pemimpin, sehingga mampu menjadi technopreneur yang mumpuni.

4. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang akan mengajarkan kamu mengenai bagaimana proses komunikasi atau penyampaian pesan bisa menjadi efektif dan dapat mencapai sasaran yang dituju. Studi Ilmu Komunikasi mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif dari komunikator pada komunikan melalui berbagai media. Lulusan jurusan ilmu komunikasi memiliki kompetensi yang cukup komplit, bukan tidak mungkin mampu sukses pula menjadi seorang technopreneur.

5. Jurusan Informatika

Di Jurusan Teknik Informatika, kamu akan lebih mempelajari tentang pengolahan data pada komputer melalui proses logika. Jadi, mata kuliah yang akan kamu temui lebih berkutat pada programming, teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak. Jurusan Informatika ini berkaitan dengan prinsip ilmu komputer yang dapat menjadi bekal menjadi seorang technopreneur.

6. Jurusan Bisnis Digital

Jurusan Bisnis Digital memiliki kekuatan pada pembelajaran bisnis dengan menggunakan teknologi digital. Program studi ini akan mempersiapkanmu untuk berbagai peran pekerjaan dalam bisnis digital, seperti pemasaran digital, transformasi digital, sistem perusahaan, pengembangan aplikasi, analisis bisnis, manajemen umum, kepemimpinan, serta konsultasi dan kontrak di semua sektor dan industri. Jurusan Bisnis Digital sangat cocok buat kalian yang ingin menjadi seorang technopreneur.

Berita Lainnya:
Nadiem Minta PTN Rangkul Calon Mahasiswa yang Sempat Mundur Akibat Uang Kuliah Mahal

7. Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati di perguruan tinggi atau universitas. Komitmen di bidang ilmu komputer mampu mengasah ide-ide kreatif menjadi semakin brilian. Dan semakin memantapkan langkah menjadi technopreneur sejati.

8. Jurusan Teknologi Komputer

Mahasiswa diharapkan bisa untuk mendesain dan mengimplementasikan sistem terintegrasi baik software maupun hardware. Lulusan jurusan Teknologi Komputer akan memiliki keahlian di bidang teknologi komputer dan jaringan kreatif, memiliki integritas dan moral serta berjiwa entrepreneur sehingga cocok untuk yang ingin menjadi technopreneur.

Di samping itu, Rektor Cyber University atau Universitas Siber Indonesia, Gunawan Witjaksono mengungkapkan, Cyber University menjadi salah satu kampus swasta besar, yang juga membuka jurusan yang berhubungan dengan technopreneur.  “Di Cyber University, kamu akan dibekali dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk menjadi profesional dalam bidang cyber technology di organisasi maupun perusahaan berskala enterprise yang mampu menganalisis, membangun dan mengelola penggunaan sistem informasi dengan teknologi terkini dan ilmu pengetahuan berupa ilmu computer,” jelasnya. 

Sebagai informasi, bagi kamu yang tertarik menjadi seorang technopreneur, bisa masuk jurusan ke Teknologi Informasi, Sistem Informasi di Cyber University. Saat ini, Cyber University, yang dulunya bernama BRI Institute ini, membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) gelombang III, Sejak 6 April 2023 sampai dengan 5 Juni 2023 mendatang. Calon mahasiswa cukup melakukan pendaftaran melalui website https://cyber-univ.com/pmb.

Dari daftar di bawah ini, mana nih Hape favorit Kamu?

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi