Selasa, 21/05/2024 - 16:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Guru Besar Unkris Prof Gayus: Halal Bihalal Punya Peran Strategis

Sementara itu Rektor Unkris Dr Ayub Muktiono dalam sambutannya menyampaikan dua makna utama dari Ramadhan, Idul Ftri, dan halal bihalal. Pertama bahwa manusia wajib menghargai setiap perbedaan. Sebab sejatinya Allah telah menciptakan manusia dengan keberagaman, baik warna kulit, rambut, bahasa, suku, spesies, dan lainnya. “Kita wajib untuk menghormati dan menghargai keberagaman yang telah Allah ciptakan,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Kedua, kata Dr Ayub, manusia wajib menjunjung tinggi dan merawat kearifan lokal, warisan leluhur. Menurut dia, halal bihalal merupakan kearifan lokal warisan leluhur bangsa Indonesia. “Nilai yang bisa kita petik dari halal bihalal adalah mempererat silaturahmi di antara kita. Semua agama juga mengajarkan pentingnya silaturahmi ini,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan
Berita Lainnya:
Sekjen: Muktamar PBB Bakal Pilih Pengganti Yusril

Silaturahmi, lanjut Rektor Unkris itu, tidak hanya mempererat tali persaudaraan, tetapi juga menyehatkan, memberikan berkah dan membawa nilai-nilai positif dalam kehidupan bermasyarakat. Silaturahmi sekaligus menjadi bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa di mana setiap mahluk harus hidup saling tolong menolong, bantu membantu, dan saling menghargai.

Sebagai upaya merawat warisan leluhur, sambung Dr Ayub, Unkris berupaya terus melanjutkan tradisi halal bihalal Idul Fitri. “Ini adalah salah satu cara yang ditempuh Unkris untuk menghargai dan menghormati para leluhur pendiri Unkris.”

Berita Lainnya:
PDIP Tugaskan Ganjar di Pilkada 2024

Kegiatan halal bihalal yang bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 tersebut juga diwarnai dengan mengheningkan cipta bagi enam tokoh pendidikan Indonesia, yakni Ki Hadjar Dewantara, Raden Ajeng Kartini, KH Ahmad Dahlan, KH Hasyim As’ari, Dewi Sartika, dan Rohana Kudus.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dari daftar di bawah ini, mana nih Hape favorit Kamu?

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi