Jumat, 03/05/2024 - 13:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

PLN Cetak Rekor Laba, Oversuplai Listrik Berhasil Diatasi

ADVERTISEMENTS

PT PLN (Persero) resmi mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung terbesar di Indonesia dengan kapasitas 561 kilowatt peak (Kwp) di kawasan Tambak Lorok, Semarang, Sabtu (9/4/2023). PLN mencatatkan laba bersih sebesar Rp 14,4 triliun.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Capaian PT PLN (Persero) mencatatkan laba bersih terbesar sepanjang sejarah dalam kinerja keuangan tahun 2022 dinilai menjadi keberhasilan perusahaan setrum pelat merah itu mengatasi kondisi over suplai listrik yang sebelumnya terjadi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Berdasarkan laporan keuangan 2022 (audited), PLN mencatatkan laba bersih sebesar Rp 14,4 triliun atau lebih tinggi 124 persen dari target yang ditetapkan Pemerintah sebesar Rp 6,4 triliun.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Peneliti Asosiasi Ekonomi dan Politik Indonesia (AEPI) Salamudin Daeng menjelaskan, capaian kinerja PLN selama 2022 membalikkan keadaan beberapa tahun sebelumnya. Sebab pada 2020 lalu PLN mengalami oversuplai listrik hingga 30 persen.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Dukung Arus Mudik, Bandara Samarinda Tambah Extra Flight

“Sebenarnya, sekarang keluar dari zona rugi saja sudah untung. Ternyata, setelah melihat laporan keuangannya, ada kenaikan dari penjualan, dan tentu ini juga faktor dari pemulihan ekonomi,” kata Salamuddin dalam keterangannya, Jumat (5/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

PLN tercatat berhasil meningkatkan penjualan listrik sebesar 6,3 persen dari 257,6 Terrawatt hour (TWh) pada tahun 2021, menjadi 273,8 TWh pada 2022. Hal ini berdampak pada meningkatnya pendapatan penjualan tenaga listrik 7,7 persen dari Rp 288,9 triliun pada tahun 2021, menjadi Rp 311,1 triliun pada tahun 2022.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
PLN Kalselteng Beri Tips Listrik Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik

Salamudin mengatakan PLN sulit melakukan pengembangan bisnis, karena aturan pemerintah yang ketat. Karenanya, bila PLN ingin melakukan inovasi, harus mengikuti aturan-aturan yang ada. Seperti misalnya ihwal ketentuan tarif dasar listrik, harga batu-bara ataupun gas bumi yang sudah ditetapkan pemerintah.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Kalau dicermati dari laporan keuangan PLN (2022), terjadi beberapa penyusutan biaya di beberapa bidang dan itu sangat membantu. Dari hal ini, efisiensi terlihat dilakukan,” ujarnya.

Kinerja PLN pada tahun lalu juga dinilai Salamuddin sebagai hasil perbaikan dari koordinasi internal perusahaan. Mulusnya proses Holding – Subholding di tubuh PLN cukup membantu perseroan dalam melakukan transformasi bisnis.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi