Senin, 15/04/2024 - 18:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Tak hanya BSI, Asosiasi Sepakbola Belanda Juga Pernah Diserang Ransomware LockBit

ADVERTISEMENTS

Geng ransomware LockBit. (ilustrasi). Bukan hanya dunia perbankan yang pernah mendapatkan serangan LockBit. Di dunia sepakbola pun pernah mengalaminya. Seperti yang dialami oleh Asosiasi Sepakbola Kerajaan Belanda (KNVB).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — LockBit akhir-akhir ini menjadi perbincangan setelah Bank Syariah Indonesia (BSI) mengalami gangguan berhari-hari. Layanan di seluruh Indonesia baik melalui kantor cabang, mesin ATM dan BSI Mobile tidak bisa diakses. Hal tersebut diduga karena serangan Ransomware Lockbit. Lockbit tersebut diduga telah mencuri data belasan juta data nasabah.

ADVERTISEMENTS
Iklan Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Bustami Hamzah sebagai Pj Gubernur Aceh
ADVERTISEMENTS

Dan ternyata bukan hanya dunia perbankan yang pernah mendapatkan serangan LockBit. Di dunia sepakbola pun pernah mengalaminya. Seperti yang dialami oleh Asosiasi Sepakbola Kerajaan Belanda (KNVB). Dilansir dari cybernews, Ahad (14/5/2023), serangan Ransomware LokBit mengklaim telah menyerang KNVB dan mengancam akan mengungkap data pribadi yang tersimpan di mereka.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
OJK Buka Kolaborasi Tingkatkan Indeks Keuangan Syariah di Bali

Pada 14 April 2023, Ransomware LockBit memposting pemberitahuan pada sebuah situs gelap mereka yang menunjukkan KNVB telah diretas. Mereka mengeklaim mempunyai akses ke 305 GB data dan mengancam akan mempublikasikannya jika KNVB tidak menebusnya pada 26 April 2023.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

KNVB adalah badan pengatur sepakbola Belanda yang bertanggungjawab mengelola berbagai liga sepakblola belanda baik profesional hingga amatir. Mereka juga bertanggungjawab atas pengelolaan Piala KNVB serta tim nasional Belanda Putra dan Putri.

ADVERTISEMENTS
Iklan Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Cybernews telah menghubungi KNVB untuk mengonfirmasi dugaan serangan ramsomware KNVB. Dan mereka mengakui mengalami serangan siber yang mengakibatkan data pribadi karyawan KNVB telah didapatkan oleh pembajak. KNVB telah mulai melakukan penyelidikan untuk mengetahui dampak yang diakibatkan.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
KCIC Prediksi Terjadi Lonjakan Penumpang Kereta Cepat Hari Ini

KNVB bergabung dengan korban serangan LockBit yang terjadi sebelum-seblumnya. Pada tahun 2022, LockBit menjadi penyerang siber paling menonjol di dunia maya. Menurut data dari DarkFeed, platform pemantauan web, LockBit telah menargetkan hampir 1.500 korban.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Pada bulan Februari, geng tersebut menjadi berita utama karena menyerang layanan pos Inggris Royal Mail. Percakapan yang bocor ke publik menunjukkan bahwa perusahaan menolak tekanan dengan meminta tebusan yang diminta penyerang.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Pada Maret, mereka juga menyerang layanan kota Oaklnad, California. LockBit dikaitkan dengan kartel ransomware terkenal lainnya yang memiliki tautan ke Rusia termasuk Conti dan penggantinya Black Basta, DarkSide serta turunannya, BlackMatter dan BlackCat/ALPHV.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Sumber: Republika

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
ADVERTISEMENTS
Iklan Belasungkawa Adinda Almarhum Yafi Dhia Ulhaq Yuli

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi