Selasa, 27/02/2024 - 01:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

KAI Luncurkan Perjalanan Kereta Terjauh, Apa Rutenya?

ADVERTISEMENT

 JEMBER—PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi meluncurkan perjalanan kereta api terjauh yakni KA Pandalungan dengan rute Stasiun Jember – Stasiun Gambir Jakarta (PP) di Stasiun Jember, Jawa Timur.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

Pemberangkatan KA Pandalungan secara perdana dengan membawa sebanyak 230 penumpang dilakukan oleh Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa bersama Bupati Jember Hendy Siswanto di Stasiun Jember.

ADVERTISEMENT
Hari Pers Nasional

“Dengan peresmian itu berarti KA Pandalungan menjadi kereta api dengan rute paling jauh yang dioperasionalkan oleh KAI dengan menempuh jarak 919 kilometer,” kata Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa di Jember.

ADVERTISEMENT

Menurut dia, peluncuran KA Pandalungan itu merupakan implementasi peningkatan pelayanan KAI seiring dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 yang berlaku terhitung mulai 1 Juni 2023.

ADVERTISEMENT
KUR Syariah Bank Aceh

 

ADVERTISEMENT
Bayar Tol dengan Pengcard

Di samping itu, lanjut dia, hadirnya KA Pandalungan merupakan alternatif untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat Jember dan sekitarnya yang akan bepergian menuju ibukota dengan kepastian jadwal, waktu tempuh yang efisien dan kenyamanan sepanjang perjalanan.

ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action
Berita Lainnya:
Banjir di Jalur Stasiun Gubug-Karangjati Ganggu Perjalanan Sejumlah KA

“Nama Pandalungan sebagai nama kereta dari Jember tujuan Jakarta adalah sebagai bentuk apresiasi KAI untuk masyarakat Pandalungan yang berada di wilayah tapal kuda. Harapannya, kalau orang di wilayah tapal kuda mau bepergian, naiknya ya KA Pandalungan,” tuturnya.

KA Pandalungan membawa 8 kereta eksekutif dengan kapasitas 400 tempat duduk. Pada tahap awal, kereta tersebut akan beroperasi setiap hari selama dua pekan pertama bulan Juni, kemudian pada minggu ketiga dan keempat akan berjalan pada hari Kamis hingga Senin.

“Selama bulan Juni, KAI juga memberikan tarif tiket promo KA Pandalungan senilai Rp300.000 untuk semakin menarik minat pelanggan,” katanya.

Sebagai bentuk apresiasi dari KAI, sebanyak 100 pelanggan pertama KA Pandalungan yang boarding untuk keberangkatan pada 1 Juni 2023 dibagikan segelas coklat hangat.

Berita Lainnya:
Pemprov DKI Distribusikan 15 Juta Kilogram Beras ke Retail Modern

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan adanya KA Pandalungan itu memudahkan mobilitas masyarakat menuju Jakarta dan kereta tersebut menjadi moda transportasi pertama menempuh rute terjauh yang langsung berangkat dari Jember menuju Jakarta.

“Masyarakat Jember dan sekitarnya yang akan pergi ke Jakarta tidak perlu transit untuk berganti kereta api di stasiun Surabaya terlebih dahulu. Dengan menggunakan transportasi kereta api sangatlah aman karena mengurangi risiko kecelakaan di jalan,” katanya.

Kabupaten Jember ke depannya akan ada berbagai ajang spektakuler seperti Lomba Drumband yang pesertanya berasal dari Negara Asian, Jember Fashion Carnival, Jember Kota Cerutu Indonesia dan berbagai ajang yang tentunya akan mendatangkan ribuan pengunjung datang ke Jember.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENT

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi