Rabu, 19/06/2024 - 10:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Norwegia Kucurkan 250 Juta Dolar AS untuk Dukung Transisi Energi Indonesia

Menlu RI Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Norwegia Anniken Huitfeldt di Oslo, Senin (12/6/2023). Dalam pertemuan itu mereka membahas kerja sama kehutanan dan transisi energi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyambut komitmen dana sebesar 250 juta dolar AS dari Norwegia untuk implementasi Just Energy Transition Partnership (JETP) di Indonesia. Dalam kesempatan lawatannya ke Oslo, Retno juga mengajak Norwegia meningkatkan investasinya di Indonesia, baik di bidang pembangunan industri hilir maupun energi hijau.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Indonesia juga menyambut baik komitmen Norwegia sebesar 250 juta dolar AS dalam rangka implementasi JETP di Indonesia,” kata Retno saat memberikan keterangan pers dari Oslo, Selasa (13/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Bersama dengan Menteri Luar Negeri Norwegia Anniken Huitfeldt, Retno turut menyambut penandatanganan nota kesepahaman untuk mendukung pengurangan emisi dari Forestry and Other Land Use (FOLU). “Kerja sama ini sudah mulai berjalan dan akan sangat berguna untuk mendukung upaya Indonesia menurunkan emisi dari sektor kehutanan,” ucap Retno.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Belgia Janjikan Dukungan untuk Sistem Pendidikan Palestina

Dalam kunjungannya, Retno juga sempat bertemu Menteri Iklim dan Lingkungan Norwegia Espen Barth Eide. “Dalam pertemuan (dengan Eide) saya jelaskan mengenai penurunan tajam deforestasi di Indonesia. Data ini diapresiasi oleh pihak Norwegia,” ungkapnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Indonesia dan Norwegia berkomitmen juga untuk memperkuat implementasi Memorandum of Understanding on FOLU untuk mendukung pengurangan emisi. Ini sama dengan diskusi yang saya lakukan dengan menteri luar negeri Norwegia,” kata Retno menambahkan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Dalam pertemuannya dengan Espen Barth Eide, Retno turut membahas tentang kemungkinan pengembangan kerja sama di bidang kelautan. “Dalam kaitan ini, saya sampaikan bahwa isu ocean juga akan menjadi salah satu prioritas Indonesia, terutama dalam KTT AIS (Archipelagic and Island States) yang akan dituanrumahi oleh Indonesia pada tahun ini,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Pemerintah Akui Israel Sempat Minta Diakui Indonesia Agar Bisa Masuk OECD

Selain dengan kedua menteri tersebut, Retno juga turut melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Store. Menurut Retno, pertemuannya dengan Store berlangsung cukup lama dengan diskusi sangat intensif, terutama terkait isu-isu global.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Retno mengungkapkan, Store mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di G20 tahun lalu. Store pun yakin Indonesia dapat memainkan kepemimpinan yang sama tahun ini di ASEAN. “PM Store juga menyampaikan apresiasi atas peran aktif Indonesia dalam isu Afghanistan dan Myanmar,” ucap Retno.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Pada kesempatan itu, Retno turut menyampaikan kepada Store tentang pentingnya suara negara-negara Global South untuk didengarkan. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَنزَلَ عَلَىٰ عَبْدِهِ الْكِتَابَ وَلَمْ يَجْعَل لَّهُ عِوَجًا ۜ الكهف [1] Listen
[All] praise is [due] to Allah, who has sent down upon His Servant the Book and has not made therein any deviance. Al-Kahf ( The Cave ) [1] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi