Selasa, 30/04/2024 - 00:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Pasar Saham Indonesia Disebut Makin Menarik pada Paruh Kedua 2023

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Pasar saham domestik diyakini akan semakin menarik pada paruh kedua 2023. Stabilitas dan kondisi perekonomian Indonesia yang baik bahkan mendorong investor asing masuk ke pasar saham Indonesia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Investor asing memiliki optimisme yang lebih baik pada pasar saham Indonesia terlihat dari arus masuk yang cukup konsisten,” kata Senior Portfolio Manager, E aqquity Manulife Aset Manajemen Indonesia Caroline Rusli, Ahad (18/6/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Caroline berharap pada paruh kedua sentimen pasar akan beralih menjadi lebih positif. Salah satunya didukung oleh faktor seperti profitabilitas perusahaan yang baik di kisaran 67 persen dari perusahaan yang merilis kinerja keuangan kuartal pertama.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Menurut Caroline, faktor tersebut membuka peluang kenaikan earnings pada tahun ini. Selain itu, valuasi pasar saham yang relatif rendah dan meningkatnya aktivitas domestik terkait belanja pemilu menjelang akhir tahun dinilai akan mendongkrak kinerja pasar saham.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kitab Ini Ramal Israel Tamat pada 2022, Tanda Sebenarnya Mereka Sudah Hancur?

Dengan latar belakang kondisi makro yang kuat dan penyelenggaraan pemilu di 2024, Caroline memiliki pandangan yang positif terhadap beberapa sektor antara lain sektor keuangan terutama pada bank besar. Sektor keuangan didukung pertumbuhan profitabilitas yang masih kuat, kondisi likuiditas yang terus membaik dan pertumbuhan kredit yang sehat.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Masalah yang terjadi pada perbankan di Amerika Serikat dan Eropa turut meningkatkan daya tarik sektor perbankan Indonesia yang menawarkan fundamental baik. Pergeseran arus investasi ini menjadi salah satu penyebab dari all time high beberapa emiten bank besar Indonesia,” jelas Caroline.

Selanjutnya, Caroline juga memandang positif sektor layanam komunikasi. Sektor ini berpotensi diuntungkan dari aliran dana kampanye lewat meningkatnya belanja masyarakat akan pulsa.

Caroline melihat sentimen pemilu juga akan berimbas positif terhadap sektor consumer staples. Sektor ini akan diuntungkan ketika belanja pemerintah dan aliran dana kampanye mulai terdistribusi secara masif.

Berita Lainnya:
Rusia Selidiki Keterlibatan Ukraina, AS, dan Negara Barat Lain dalam Serangan Teroris

Laporan keuangan kuartal perusahaan di sektor consumer staples menunjukkan kinerja yang cukup berbeda antara perusahaan yang menargetkan konsumen menengah ke atas dan menengah ke bawah. Perusahaan yang menargetkan menengah ke atas kinerja penjualan dan profitnya menguat, sedangkan yang menengah ke bawah terlihat trading down ke barang yang lebih rendah harganya, sehingga penjualan dan profit cenderung lebih melemah.

Terakhir, sektor yang menarik untuk dirilis yaitu materials. Sektor ini menjadi bagian dari rantai pasokan Energi Baru dan Terbarukan dengan preferensi eksposur pada emiten yang lebih banyak mendapatkan kontribusi pendapatan dari upstream dibandingkan downstream, karena situasi oversupply smelter yang akan terus bertambah dalam beberapa tahun ini.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi