Sabtu, 18/05/2024 - 01:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Dongkrak Produktivitas, Para Pembuat Ikan Pindang Karawang Diberi Pelatihan

 KARAWANG — Karawang, Jawa Barat memiliki sejumlah pembuat ikan pindang. Di sana, para pengolah ikan pindang mendapatkan nilai ekonomi. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Seperti dilansir dari Antara, Selasa (20/6/2023),Dinas Perikanan Kabupaten Karawang pun mengembangkan kampung kawasan pengolahan ikan pindang di wilayah Banyusari.  Sudah ada Desa Cicinde yang telah ditetapkan sebagai kampung pindang oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Artinya di desa itu menjadi sentral produksi ikan pindang.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Berangkat dari hal itu, Koordinator Daerah (Korda) Ganjar Sejati Karawang Wawan Suherman mengatakan, pihaknya menggelar pelatihan pembuatan ikan pindang dan sosialisasi kepada perajin agar terus meningkatkan produktivitas mereka di Desa Cicinde Utara, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

“Kegiatan yang kami lakukan adalah pelatihan pembuatan ikan pindang sekaligus sosialisasi kepada perajin di sini terkait hasil olahan makanan mereka,” ungkap  di sela-sela pelatihan dan sosialisasi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Layanan Internet Starlink Milik Elon Musk Hadir di Indonesia, Harganya Mulai dari Rp 750.000

Wawan menyatakan pihaknya sengaja menyambangi desa yang masyarakat mayoritas perajin dan penjual ikan pindang untuk memberikan stimulasi agar hasil olahan mereka bisa meningkat.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Kami mendorong masyarakat umum, khususnya perajin ikan pindang di Desa Cicinde Utara, Karawang, untuk mendobrak produktivitas mereka,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Wawan menjelaskan, untuk meningkatkan produksi ikan pindang di daerah itu, pihaknya menggelar pelatihan pembuatan olahan makanan tersebut kepada masyarakat umum sekaligus memberikan sosialisasi kepada perajin agar tetap konsisten dan meningkatkan penjualan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Untuk itu, kami dari relawan Ganjar Sejati mengadakan pelatihan dan sosialisasi ini untuk mendorong bagaimana cara meningkatkan produksi ikan ini agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di sini,” ungkapnya.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Adapun, Encih Kurniasih, peserta pelatihan pembuatan ikan pindang, menyambut antusias kegiatan tersebut. Menurut dia, pelatihan dan sosialisasi ini sangat positif dan menambah wawasan masyarakat di desa tersebut.

Berita Lainnya:
Gunung Ruang Erupsi, Warga Pulau Tagulandang di Radius Bahaya Perlu Dievakuasi

“Kegiatan ini sangat baik. Penjelasannya bagus tentang tata cara pembuatan ikan pindang dan cara tingkatkan produktivitasnya,” ungkapnya.

Dari pelatihan ini, perempuan yang juga perajin dan penjual ikan pindang tersebut menjadi lebih mengetahui banyak hal tentang pembuatan dan pemasaran ikan pindang agar penjualannya juga maksimal.

“Perhatikan kualitas ikan pindang, cari ikan yang bagus. Jangan sampai yang jelek. Penjualannya pun jadi jauh lebih baik lagi dan tambah meningkat. Harga ikan saya harap bisa turun,” katanya.

Kurniasih berharap pemasaran ikan pindang yang menjadi salah satu ciri khas Kabupaten Karawang bisa menembus pasar nasional hingga internasional. “Saya berharap ikan pindang bisa menjadi ciri khas dan ikon Kabupaten Karawang,” ungkapnya.

Kurniasih dan masyarakat yang hadir dalam pelatihan ini juga mendoakan agar Ganjar Pranowo dapat menjadi Presiden Indonesia selanjutnya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi