Selasa, 07/05/2024 - 07:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Bagaimana Malaikat Maut Mencabut Banyak Nyawa Dalam Satu Waktu?

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Malaikat adalah makhluk Allah SWT yang paling taat terhadap perintah Allah SWT. Mereka akan melaksanakan apa-apa yang diperintah Allah SWT. Seperti malaikat Izrail yang selalu taat menjalankan perintah Allah mencabut nyawa setiap makhluk.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Ia tak pernah pandang bulu dalam mencabut nyawa makhluk. Katika ajal seorang hamba tiba, maka malaikat maut datang dan mencabut nyawanya. Tetapi bagaimana malaikat maut mencabut nyawa manusia dalam satu waktu?

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dalam kitab at Tadzkirah karya Imam Qurthubi dijelaskan tentang cara malaikat maut mengambil nyawa seluruh makhluk dalam satu waktu yang diibaratkan seperti orang yang mengambil utang, ketika utang itu diambil maka tak ada satu pun yang tersisa.  

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Bagaimana cara malaikat maut mencabut nyawa orang yang mati dalam satu waktu dari Timur ke Barat? Katakanlah padanya: ketahuilah bahwa taufi (bermakna meninggal, berakhir, berlaku) diambil atau berasal dari meminta atau menagih kembali utang yang diberikan. Apabila utang tersebut diambil, maka tak ada yang tersisa darinya. Maka setiap diperintah para malaikat, maka mereka mengerjakan apa-apa yang diperintahkan.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Berjuanglah di Jalan Allah Sejak Usia Muda

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dijelaskan bahwa malaikat maut juga memiliki para malaikat pembantu yang mempunyai wewenang dalam mencabut nyawa. Tetapi, hakikatnya Allah yang mewafatkan semua makhluk. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

قال الكلبي: يقبض ملك الموت الروح والجسد ثم يسلمها إلى ملائكة الرحمة إن كان مؤمنا وإلى ملائكة العذاب إن كان كافرا. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Al Kalbi berkata: Setelah malaikat maut mencabut roh seseorang, kemudian malaikat maut menyerahkan roh tersebut kepada malaikat Rahmat dan malaikat azab, apabila orang mukmin maka malaikat maut menyerahkan rohnya kepada malaikat Rahmat apabila orang kafir maka malaikat maut menyerahkan rohnya kepada malaikat azab.

Berita Lainnya:
Saat Eropa Berebut Timur: Napoleon Manfaatkan Pembenci Islam untuk Invasi Mesir

Allah SWT berfirman:

ٱللَّهُ يَتَوَفَّى ٱلْأَنفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَٱلَّتِى لَمْ تَمُتْ فِى مَنَامِهَا ۖ فَيُمْسِكُ ٱلَّتِى قَضَىٰ عَلَيْهَا ٱلْمَوْتَ وَيُرْسِلُ ٱلْأُخْرَىٰٓ إِلَىٰٓ أَجَلٍ مُّسَمًّى ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir. (Az Zumar ayat 42). 

وَهُوَ ٱلَّذِىٓ أَحْيَاكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ ۗ إِنَّ ٱلْإِنسَٰنَ لَكَفُورٌ

Dialah Allah yang telah menghidupkan kamu, kemudian mematikan kamu, kemudian menghidupkan kamu (lagi), sesungguhnya manusia itu, benar-benar sangat mengingkari nikmat. (Al Hajj ayat 66)

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi