Minggu, 26/05/2024 - 22:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Indonesia Berstatus Endemi, Pemerintah Anjurkan Masyarakat Tetap Kenakan Masker

Penumpang tidak memakai masker saat menaiki KRL di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, (ilustrasi). Pemerintah telah menetapkan status endemi untuk Covid-19 di tanah air.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk tetap menggunakan masker, meskipun status pandemi Covid-19 telah resmi dicabut. Penggunaan masker dinilai diperlukan jika dalam kondisi yang tidak sehat atau berisiko tertular penyakit Covid-19, seperti pilek, batuk, dan bersin.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Pemerintah menganjurkan untuk tetap menggunakan masker apabila dalam keadaan tidak sehat atau berisiko penyakit Covid-19 seperti pilek, batuk, dan bersin,” kata Juru Bicara Pemerintah Covid-19, Wiku Adisasmito saat memberikan keterangan pers yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (22/6/2023).

Berita Lainnya:
Innalillahi Korban Jiwa Longsor di Papua Nugini Bertambah Menjadi 300 Jiwa

Wiku menekankan menjaga kesehatan diri dan orang lain di sekitar merupakan tanggung jawab setiap individu masyarakat. “Ke depannya tanggung jawab masyarakat pada masa endemi sangat penting untuk saling menjaga dan saling melindungi supaya tidak tertular Covid-19,” kata Wiku.

Wiku menyampaikan, keadaan kedaruratan bisa saja terjadi kapan pun mengingat potensi perubahan kondisi kesehatan, kondisi sosial, kondisi alam dan lingkungan di tingkat nasional dan global. Karena itu, satgas meminta seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menjaga kesehatan saat beraktivitas.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Pemerintah tetap siaga dalam menghadapi potesi kedaruratan di masa yang akan datang dengan selalu meningkatkan kemampuan mendeteksi, mencegah, dan menanggulangi bencana,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Terlalu, Besi Pengaman Kabel SUTET Dicuri, Pelaku Akhirnya Berhasil Ditangkap Polisi

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan pencabutan status pandemi Covid-19 di Indonesia. Keputusan ini menyusul pernyataan WHO yang telah mencabut status Covid-19 sebagai kedaruratan kesehatan global pada 5 Mei 2023 silam.

ADVERTISEMENTS

Dengan demikian, saat ini Indonesia sudah memasuki masa endemi. Endemi sendiri merupakan suatu kondisi penyakit terjangkit di wilayah terbatas pada populasi tertentu. Wiku pun menegaskan bahwa Covid-19 tidak hilang sepenuhnya dari Indonesia, namun menurun risiko penularannya.

ADVERTISEMENTS

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi