Kamis, 16/05/2024 - 22:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Banyak Kampus Swasta Tutup, Ini Tips Pilih Perguruan Tinggi dari Cyber University

 JAKARTA — Baru-baru ini, Kemendikbud Ristek merilis berita sebanyak 23 kampus atau perguruan tinggi swasta (PTS) ditutup izin operasionalnya. Hal tersebut seharusnya bisa menjadi kehati-hatian bagi para calon mahasiswa baru dalam memilih tempat kuliahnya.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Ditutupnya PTS-PTS tersebut karena telah terbukti melakukan pelanggaran berat secara administratif dan tidak memenuhi ketentuan standar nasional pendidikan tinggi sebagaimana diatur dalam peraturan menteri nomor 3 tahun 2020 tentang standar nasional pendidikan tinggi.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Memilih kampus atau perguruan tinggi bukan hanya soal memilih program studinya saja yang sesuai, akan tetapi perguruan tinggi tersebut juga harus dipastikan apakah terdaftar di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDikti) atau tidak. Untuk melihatnya bisa dilihat pada laman https://pddikti.kemdikbud.go.id/, ketikkan saja nama perguruan tinggi yang akan dituju, selanjutnya cari status akreditasi perguruan tinggi dan program studinya kampus yang dicari. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Walaupun kampus atau institusi yang dipilih sudah terakreditasi baik, namun belum tentu jurusan atau program studinya terakreditasi baik pula. Calon mahasiswa harus benar-benar teliti dalam memilih jurusan atau program studinya. Pastikan akreditasi jurusan pilihan kamu juga minimal peringkatnya baik, karena akan sangat mempengaruhi dalam mencari pekerjaan nantinya setelah lulus. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Akreditasi jurusan ini dapat lihat di website BAN-PT https://www.banpt.or.id/ atau website LAM Infokom https://laminfokom.or.id/official/. Peringkat akreditasi dibedakan menjadi tiga peringkat, yaitu; Akreditasi Unggul, Akreditasi Sangat Baik, dan Akreditasi Baik. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Cyber University atau Universitas Siber Indonesia, selain telah terakreditasi baik juga memiliki keunggulan dengan beberapa programnya, pertama ada program CLP (Company Learning Program), dimana mahasiswa melaksanakan perkuliahan selama tiga tahun kemudian dilanjut satu tahun dengan program magang di BUMN khususnya di perbankan dan institusi keuangan pemerintah lainnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
ITB Jadi Kampus Pertama Didatangi Pertamina Goes To Campus, Bangun Gedung Riset

Progam ini dilakukan oleh mahasiswa untuk memudahkan penempatan kerja sebagai lulusan Cyber University di perusahaan tempat mereka magang tersebut. Hal tersebut terlaksana karena program ini sudah terintegrasi dengan perusahaan-perusahaan yang sudah bekerja sama dengan kampus, salah satunya dalam perekrutan SDM lulusan Cyber University.

ADVERTISEMENTS

Prospek kerja dan keberhasilan lulusan dari Cyber University tidak kalah penting, Cyber University alumninya sebanyak 90 hingga 100 persen sudah bekerja, sebagian besar bekerja di Bank BRI dan beberapa di Bank Syariah Indonesia. Ini yang menarik perlu disampaikan bahwa Cyber University adalah kampus ‘The First Fintech University in Indonesia’ karena sesuai visinya yang siap menjadi universitas berkualitas dan unggul berbasis teknologi informasi di bidang digitalisasi keuangan. 

ADVERTISEMENTS

Kedua ada Program Digital Micro Bisnis, yang berfokus pada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Dosen yang mengajar di Cyber University juga merupakan dosen-dosen yang telah berpengalaman di dunia pendidikan dan dunia industri (dosen praktisi), yang rata-rata sudah bergelar Profesor dan Doktor.

 

Tujuan berkuliah

Tujuan calon mahasiswa kuliah hanya dua, pertama setelah/sebelum lulus dapat kerja dan kedua setelah/sebelum lulus dapat berwirausaha/bisnis. Kedua hal tersebut telah disiapkan melalui lembaga Karier Center dan Entrepreneur Center di Cyber University. 

Sedangkan untuk pembekalan mahasiswanya, di Cyber University yang dulunya bernama BRI Institute ini, terdapat wadah pengembangan diri, minat bakat, dan bidang penalaran ilmiah, dimana mahasiswa juga dibekali dan diberikan kebebasan untuk berorganisasi agar dapat mengasah kemampuan dalam memimpin dan berkomunikasi serta membuat perencanaan, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

Berita Lainnya:
Rektor Cyber University Soroti Guru yang Paling Banyak Terjerat Pinjaman Online di 2024

Bagaimana dengan biaya kuliahnya, pasti banyak diantara calon mahasiswa yang berpikir bahwa biaya kuliah di PTS sangatlah mahal. Banyak juga PTS dengan biaya kuliah yang lebih terjangkau dengan sarana prasarana perkuliahan yang lengkap dan nyaman seperti di Cyber University. 

Fasilitas yang tersedia dari masing-masing program studi yang dipilih bisa menjadi pertimbangannya. Perpustakaan, student corner, ruang belajar teori, dan ruang praktik/laboratorium, tempat ibadah yang nyaman, serta dilengkapi dengan wifi di setiap lantai dan ruangan menambah deretan fasilitas yang ada. 

Cyber University juga menyediakan beasiswa kuliah sebesar 50 hingga 100 persen untuk semua jurusan atau program studi (prodi) bagi fresh graduate. Sementara itu, prodi di Cyber University diantaranya ada program studi Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Sistem dan Teknologi Informasi, Kewirausahaan, dan Bisnis Digital. 

Bagi calon mahasiswa, jangan lupa untuk memilih jurusan sesuai dengan keinginan dan passionnya. Karena kalau tidak suka dengan jurusan tersebut, perkuliahan yang akan dijalani nantinya tidak akan lancar dan terkesan dipaksakan. 

Selain passion, memiliki cita-cita yang jelas tentu akan menambah semangat berkuliah. Cita-cita akan menjadi ‘bahan bakar’ dalam menuntut ilmu agar tujuan belajarnya bisa tercapai, baik dari waktu maupun nilai.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi