Jumat, 03/05/2024 - 11:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Penguasaha E-commerce China Siap Pasarkan Produk NTB

ADVERTISEMENTS

MATARAM — Sebanyak 50 pengusaha asal China yang bergerak di bidang e-commerce siap membantu memasarkan produk dari Nusa Tenggara Barat ke mancanegara.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB Jamaluddin Malady mengapresiasi kedatangan para pengusaha China ke NTB, terlebih kedatangan mereka menjadi yang pertama seusai pandemi Covid-19. “Pada prinsipnya kami menyambut baik. Kami sudah fasilitasi untuk para UMKM bisa datang langsung dan bertemu para pengusaha dari China ini,” ujar Jamaluddin di Mataram, Rabu (28/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Ia berharap banyak produk asal NTB bisa dipasarkan ke mancanegara melalui kedatangan para pengusaha China tersebut. Bahkan, kehadiran wisatawan yang juga menjadi pengusaha ini diharapkan menjadi potensi pembukaan penerbangan antara China dan Lombok.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Hal itu bisa terwujud jika interaksi antara China-Lombok juga ditingkatkan, sehingga ada pembukaan direct flight nanti,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Diketahui 50 pengusaha yang bergerak di bidang e-commerce merupakan perkumpulan para reseller asal China. Mereka mengunjungi NTB pada 26-28 Juni 2023. Tujuannya, menggali produk lokal NTB yang akan dipasarkan ke mancanegara.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Satelit Relai Queqiao-2 China Siap Mendukung Misi Sampel Sisi Jauh Bulan

Peter Lee CEO Indewow Investment Group selaku fasilitator yang memboyong 50 pengusaha China ke NTB mengatakan sejumlah alasan pihaknya membidik NTB sebagai daerah yang akan dipasarkan produknya ke luar negeri. Keberadaan sejumlah event internasional seperti MotoGP Mandalika menjadi salah satu magnet yang membuat NTB mulai dikenal mancanegara.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Ia mengatakan para pengusaha tersebut bakal memasarkan produk asal NTB melalui dua platform media sosial yakni TikTok dan We Chat. Sebab, dua platform tersebut merupakan medsos yang paling banyak digunakan di China.

“Mereka-mereka ini reseller besar. Dalam satu menit perputaran uang dari penjualannya bisa miliar,” ujar Peter.

Peter menjelaskan saat ini baru ada tiga produk NTB yang dinilai khas dan unik oleh para pengusaha asal China tersebut yaitu mutiara, sarang walet, dan kopi.

“NTB punya prospek ekonomi dan pariwisata yang sangat luar biasa. Ini mesti dieksplorasi,” terang Peter.

Peter menyatakan salah satu daerah yang juga pernah dipromosikan pengusaha asal China adalah Manado. Saat itu mereka memboyong salah satu stasiun TV besar dari China yakni Guangdong TV.

Berita Lainnya:
China Sebut Hubungan Ekonominya dengan Rusia tak Terkait Perang

Mereka bekerja sama untuk membuat film tentang Manado. Film tersebut, kata Peter viral di China. Selepasnya, kunjungan wisatawan dan pengusaha China ke Manado naik signifikan.

“Karena film itu juga, akhirnya penerbangan langsung China-Manado sempat dibuka sebelum akhirnya ditutup lagi karena Covid-19. Hal yang sama akan kami lakukan di NTB, kami akan buat film bekerja sama dengan stasiun TV akhir Juli.

“Semoga nanti ketika kemitraan dan kegiatan sudah banyak di NTB, direct flight dari China-Lombok bisa dibuka,” kata Peter.

Senada dengan Peter, Hendro Wibowi CEO Indowow mengaku kunjungan para pengusaha China ke NTB akan rutin dilakukan untuk menggali lebih jauh produk khas NTB untuk dipasarkan. “Rencana setiap bulan akan ke sini, nanti seiring berjalannya waktu semoga bisa dua bulan sekali,” kata Hendro.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi