Selasa, 21/05/2024 - 13:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kemiskinan Ekstrem dan Peran Utama Koordinasi Pemerintah

Sebagai contoh pemberian BPJS Kesehatan ke masyarakat miskin. Kemenko PMK coba memberi kemudahan agar masyarakat miskin dapat segera memperoleh fasilitas kesehatan tanpa proses berbelit.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Dalam kasus ini Kemenko PMK langsung mengambil langkah untuk mendata masyarakat miskin yang belum mempunyai BPJS Kesehatan tanpa harus berurusan lagi dengan instansi BPJS Kesehatan. Begitu juga untuk iurannya, Kemenko PMK mendata sebaik-baiknya agar masyarakat miskin masuk dalam kategori BPJS Kesehatan-Penerima Bantuan Iuran.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Contoh lainnya sebut saja koordinasi yang dilakukan Kemenko PMK dalam mengatur distribusi bantuan sosial. Kemenko PMK di bawah arahan Muhadjir Effendy telah menyusun mekanisme bahwa masyarakat miskin bakal memperoleh bantuan sosial multiprogram, jadi tidak hanya satu alokasi bantuan saja.

Berita Lainnya:
Waketum PAN: Tim Transisi Jokowi ke Prabowo Tidak Ada Hambatan

Bantuan multi program terhadap masyarakat miskin yang dikoordinasikan Kemenko PMK terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH) atau BPNP Kementerian Sosial, ditambah bantuan dari dana desa, pemerintah daerah, bahkan dana CSR swasta sekaligus.

Memperhatikan kesesuaian arahan Presiden Jokowi dan langkah cepat Menko Muhadjir serta implementasi kinerja di lapangan tersebut merupakan perkembangan yang patut kita puji. Dan, tentunya menumbuhkan optimisme dalam upaya pengentasan kemiskinan secara terpadu oleh pemerintah.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Paspampres: Pengamanan Presiden Jokowi di Sultra Sesuai SOP

Dalam langkah-langkah yang mungkin sederhana namun sesungguhnya memiliki dampak luar biasa, jika dilakukan secara responsif, konkret dan konsisten serta fokus pada penyelesaian persoalan. Justru dalam hal ini mungkin bisa kita saksikan kehadiran ‘revolusi mental’ sesungguhnya yang kita butuhkan dalam hal pengentasan kemiskinan dan kemiskinan ekstrem

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi