Rabu, 28/02/2024 - 23:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Diskoperindag Catat Produk UMKM Tembus Pasar ASEAN Bertambah

ADVERTISEMENTS

CIANJUR — Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mencatat produk unggulan UMKM di Cianjur yang dapat menembus pasar ASEAN terus bertambah dengan jumlah pesanan setiap bulan mencapai beberapa ton seperti gula semut dan kopi Luwak.

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Cianjur, Epra Haryono saat dihubungi, Sabtu (2/7/2023), mengatakan jumlah produk UMKM asal Cianjur yang berhasil menembus pasar ASEANdan negara lain di luar negeri terus bertambah sebelumnya hanya dua jenis radio antik dan sambal honje.

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

“Tahun lalu sejumlah produk UMKM yang sudah memiliki pasar di sejumlah negara ASEAN, seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam seperti radio antik dan sambal honje dengan omzet per bulan sekitar ratusan juta rupiah,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj
Berita Lainnya:
Terdampak Gerakan Boikot Israel, Unilever akan Gandeng Tokoh Agama dan Komunitas Masjid

Tahun ini sejumlah produk unggulan seperti bunga potong, lampu gentur, gula semut, dan kopi luwak mendapat pasar rutin setiap bulannya dengan angka pengiriman setiap bulan mencapai beberapa ton yang dikirim melalui eksportir di Kota Bogor dan Jakarta.

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional

 

ADVERTISEMENTS

Tercatat setiap bulannya perajin gula semut mendapat pesanan tiga ton dari sejumlah negara ASEAN dan negara di Timur Tengah, seperti Dubai, Abu Dhabi, dan Uni Emirat Arab, kopi luwak MB 20 kilogram per bulan dan 100 buah lampu gentur berbagai ukuran setiap bulan.

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

“Seiring bertambahnya jumlah produk unggulan UMKM Cianjur yang tembus pasar luar negeri, kami dari dinas mencoba berkoordinasi dan mencari akses melalui kementerian di pusat untuk mendapat pasar di luar negeri guna memperkenalkan produk unggulan Cianjur lainnya,” kata Epra.

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh
Berita Lainnya:
DPR: BUMN Penting Bantu Perekonomian dan Buka Lapangan Kerja

Sedangkan untuk meningkatkan produk UMKM Cianjur, agar lebih banyak lagi menembus pasar ASEAN dan internasional pihaknya menggencarkan pelatihan, pembinaan dan mengenalkan pemasaran digital bagi pelaku UMKM guna memudahkan mereka mendapatkan pasar sampai ke luar negeri.

“Selama dua tahun terakhir, pesanan tetap produk unggulan UMKM Cianjur yang rutin setiap bulannya berasal dari negara ASEAN, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, dan sejumlah negara di Timur Tengah,” katanya lagi.

Epra menambahkan, tahun ini pihaknya sedang mempersiapkan beberapa produk unggulan UMKM Cianjur yang akan menembus pasar luar negeri yaitu bunga potong jenis pikok dan kacang sanca ichi.

“Kamiakan melakukan penjajakan pengiriman di tahun ini untuk dua produk itu,” katanya pula.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Apa jurus andalan kamu supaya nggak gampang sakit

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi