Jumat, 17/05/2024 - 02:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Biaya Kuliah di UI Dikeluhkan Mahal, Ini Klarifikasi Pihak Kampus

DEPOK–Biaya kuliah di Universitas Indonesia (UI) banyak dikeluhkan karena dinilai mahal yang nominalnya bisa belasan bahkan puluhan juta. BEM UI bahkan menyebut ada 800 keluhan yang disampaikan mahasiswa baru kepada mereka untuk mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Menanggapi ini, Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Amelita Lusia mengaku, mahasiswa sebenarnya bisa menyampaikan keberatannya ke pihak kampus jika merasa tidak mampu atas uang kuliah tunggal (UKT) yang ditentukan. Hingga kini, ia juga mengeklaim belum ada mahasiswa yang mengundurkan diri karena alasan UKT tinggi.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Kami juga sudah memberikan kesempatan jika ada keberatan, untuk disampaikan via mekanisme yang pun belum ada menerima pengunduran diri secara formal,” kata Amelita Lusia via pesan singkat, Senin (3/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Organisasi Mahasiswa UNM Tempat Asah Kemampuan dan Kesiapan Masuk Dunia Kerja

Menurutnya, UI menerapkan mekanisme UKT berkeadilan atau sesuai dengan kemampuan bayar penanggung biaya pendidikan. Mekanisme ini diterapkan untuk biaya pendidikan program Sarjana Reguler (SNBT, SNBP, PPKB SI Reguler, SIMAK SI Reguler) dan program vokasi (SNBP, SNBT).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Beberapa faktor yang menentukan besaran UKT, yaitu total pendapatan, tanggungan dan pengeluaran yang masih sekolah, pengeluaran rutin keluarga (makan, listrik, air, komunikasi). Selain itu juga kepemilikan rumah/properti, kepemilikan kendaraan, peralatan elektronik yang dimiliki hingga kondisi ekonomi tertentu yang dapat dijelaskan dengan surat pernyataan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Adapun soal mahasiswa dari keluarga tidak mampu tapi diberi UKT tinggi, menurut Amelita karena kemungkinan data yang dilampirkan salah atau tidak lengkap. Mahasiswa yang masih keberatan dengan besaran UKT disebutnya bisa mengajukan permohonan keringanan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Rektor UMJ: Timnas Kalah 2-0 dari Uzbekistan adalah Hasil yang Realistis

“Mengajukan permohonan keringanan sesuai dengan bersaran yang mempu dibayarkan melalui proses banding. Memberikan data dan surat keterangan yang menguatkan kondisi ekonomi,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Sementara BEM UI menyebut pihaknya menerima 800 aduan dari mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang mengeluhkan mahalnya biaya uang kuliah. Beberapa dari mereka, mengaku bukan dari keluarga berkecukupan, seperti yatim piatu hingga pengemudi ojol.

ADVERTISEMENTS

“Kita dapatkan aduan, ada yang anak driver ojek online, ada yang lagi sakit keras, ada yatim piatu, ada yang ortunya bekerja non formal,” kata Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang.

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi