Sabtu, 27/07/2024 - 08:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Bawa Misi Luhur Muhammadiyah, UMJ Siapkan 12 Jenis Beasiswa

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) terus membawa misi awal Muhammadiyah berdiri, yang salah satunya ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan menghadirkan berbagai macam beasiswa untuk mahasiswa dan para calon mahasiswa. Ada belasan beasiswa dengan nilai kucuran dana mencapai Rp 10 miliar setiap tahunnya yang dapat diikuti oleh mahasiswa dan calon mahasiswa UMJ.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

“Misi Muhammadiyah pada saat lahir kan memang salah satunya mencerdaskan kehidupan bangsa. Problem di Indonesia memang pendidikan itu berbiaya mahal. Muhammadiyah memang sudah menyiasati dengan adanya beragam beasiswa,” ujar Rektor UMJ Ma’mun Murod kepada Republika, Rabu (5/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Penyediaan beasiswa itu, kata dia, berasal dari internal kampus dan juga kerja sama dengan pihak luar kampus. Dia memberikan contoh beasiswa yang merupakan hasil kerja sama dengan pihak lain, yakni beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang merupakan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Berita Lainnya:
Jago Analisis dan Bisa Coding, Ini Karakter Mahasiswa Prodi Sistem Informasi UNM
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

“Kemudian beasiswa yang dari dalam itu ada Youth Leader Scholarship (YLS). Itu beasiswa yang diberikan khusus untuk pengurus OSIS. Beasiswa ini setara dengan beasiswa KIP dari pemerintah. Jadi siswa yang lolos seleksi ini nanti dia kuliah biaya SPP-nya gratis kemudian per bulannya masih dapat sedikit living cost,” jelas Ma’mun.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Berdasarkan daftar lengkap beasiswa di UMJ yang Republika terima, paling tidak sejauh ini ada 12 jenis beasiswa yang dapat diikuti oleh mahasiswa dan calon mahasiswa baru UMJ. Untuk calon mahasiswa baru ada beasiswa YLS, KIP Kuliah, Kader Muhammadiyah, Parsial, Hafidz Quran, Mahasiswa Prestasi, dan YBJ.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Sementara beasiswa yang dapat diikuti oleh mahasiswa di UMJ ada lima. Pertama beasiswa LazisMu UMJ. Kedua, beasiswa IPK yang dilihat dari prestasi akademik mahasiswa. Kemudian ada beasiswa Olahraga yang dilihat dari prestasi non akademik mahasiswa. Lalu ada beasiswa unggulan Kemendikbudrsitek. Terakhir ada beasiswa Baznas.

Berita Lainnya:
Dosen UNM Ubah Minyak Jelantah Jadi Cuan di Bank Sampah Melati Bersih
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

“Keseluruhan setiap tahunnya kita mengeluarkan beasiswa sekitar Rp 10 miliar yang tentu peruntukannya sangat beragam,” tutur Ma’mun.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Dia juga menjelaskan, tidak sulit untuk mengikuti program beasiswa di UMN. Sepanjang mahasiswa dan calon mahasiswa baru memenuhi persyaratan yang diperlukan, maka mereka dapat lolos dan mendapatkan beasiswa tersebut. Meski mudah, dia memastikan seleksi untuk mendapatkan beasiswa yang ada di UMJ dilakukan secara ketat dan tidak sembarangan.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

“Tidak sulitlah. Kecuali yang mau berbohong itu mungkin sulit. Walaupun mudah tapi seleksinya ketat,” kata dia.

Dia menjelaskan, tingkat kepesertaan mahasiswa dan calon mahasiswa baru UMJ dalam program beasiswa yang ada di sana cukup tinggi. Hal itu, patut menjadi perhatian serius pemerintah. Menurut dia, banyaknya peserta beasiswa menunjukkan anggaran 20 persen untuk pendidikan yang diamanatkan oleh konstitusi jangan sampai dipotong sana-sini.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَعَرَضْنَا جَهَنَّمَ يَوْمَئِذٍ لِّلْكَافِرِينَ عَرْضًا الكهف [100] Listen
And We will present Hell that Day to the Disbelievers, on display - Al-Kahf ( The Cave ) [100] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi