Selasa, 25/06/2024 - 10:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Mengapa Ukraina Minta Bom Kluster?

AS memiliki sejumlah besar penyimpanan bom tandan atau bom kluster yang dapat diakses dengan cepat

JAKARTA — Pasukan Ukraina kehabisan peluru artileri, karena mereka menggunakannya dengan kecepatan yang sangat tinggi. Barat tidak dapat memasok amunisi dengan cepat untuk menyesuaikan kebutuhan Ukraina. Artileri telah menjadi senjata utama di Ukraina selatan dan timur dengan intensitas serangan tinggi.

Karena peluru artileri tidak mencukupi, Ukraina telah meminta Amerika Serikat untuk memasok persediaan amunisi tandan atau bom kluster untuk menargetkan infanteri Rusia yang menjaga semua parit pertahanan itu. Dari perspektif militer, bom tandan bisa sangat efektif ketika digunakan melawan pasukan darat.

Berita Lainnya:
IDF Mau Mundur dari Gaza, Mengapa Netanyahu Ngotot Perang Total?

Ini bukanlah keputusan yang mudah bagi Washington, dan sangat tidak disukai oleh banyak pendukung Demokrat dan hak asasi manusia. Perdebatan telah berlangsung setidaknya selama enam bulan.

Dikutip dari BBC, Senin (10/7/2023), amunisi tandan adalah senjata yang mengerikan dan dilarang di sebagian besar dunia karena alasan yang baik.  Lebih dari 100 negara, termasuk Inggris, Prancis, dan Jerman, telah menandatangani perjanjian internasional yaitu Konvensi Amunisi Tandan. Konvensi ini melarang penggunaan atau penimbunan bom tandan karena efeknya sangat berbahaya terhadap penduduk sipil.

Berita Lainnya:
Setelah Pembantaian di Rafah, AS Ngotot Israel 'Belum Melanggar Batas'

 

Anak-anak sangat rentan terkena ledakan bom tandan. Karena bom itu menyerupai mainan kecil yang ditinggalkan di area pemukiman atau lahan pertanian. Anak-anak sering mengambil bom tandan itu karena penasaran. Kelompok hak asasi manusia menggambarkan amunisi tandan sebagai kejahatan perang.

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَقُلِ الْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ ۖ فَمَن شَاءَ فَلْيُؤْمِن وَمَن شَاءَ فَلْيَكْفُرْ ۚ إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا ۚ وَإِن يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاءٍ كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ ۚ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءَتْ مُرْتَفَقًا الكهف [29] Listen
And say, "The truth is from your Lord, so whoever wills - let him believe; and whoever wills - let him disbelieve." Indeed, We have prepared for the wrongdoers a fire whose walls will surround them. And if they call for relief, they will be relieved with water like murky oil, which scalds [their] faces. Wretched is the drink, and evil is the resting place. Al-Kahf ( The Cave ) [29] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi